Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bila Hati Kita Damai, Dimana-mana Hati Senang

2 Juli 2022   20:23 Diperbarui: 3 Juli 2022   04:23 94 30 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bila Hati Lagi Risau Semuanya Tak Menarik

Rasanya kita semua pernah mendengarkan lagu anak anak,yang liriknya sebagai berikut :

"Disini senang,disana senang ,dimana mana hatiku senang ...trala lala" Kita baru bisa merasa senang,bila hati kita damai. Tapi coba kalau hati lagi risau,mana mungkin kita bisa merasakan senang dimana mana .Seenak apapun makanan yang dihidangkan didepan mata,kalau suasana hati lagi risau,sama sekali tidak menarik . Bahkan  travelling keluar negeri,bukanlah berarti secara serta merta,suasana hati dapat berubah menjadi gembira. 

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Karena itu, prinsip dasar agar dapat merawat suasana hati tetap dalam suasana gembira dan ceria adalah menjaga hati tetap damai,jauh dari rasa iri hati dan steril dari dendam dan kebencian. Hal yang sesungguhnya sangat sederhana,yakni memaafkan semua orang yang pernah berbuat salah terhadap kita .Selalu mawas diri,agar jangan sampai terjerumus menjadi orang yang iri hati,menyaksikan kesuksesan orang lain.

Bila hal ini sudah mampu kita jaga,maka yakinlah,kemanapun kita pergi atau dimanapun  kita berada,suasana hati kita akan senang .Bahkan duduk sambil memandang pemandangan alam yang ada disekitar kita,sudah cukup untuk menghadirkan rasa syukur dalam hati kita .

img20220617121601-3-62c0b611bb44866dd260f1e4.jpg
img20220617121601-3-62c0b611bb44866dd260f1e4.jpg
Dokumentasi pribadi 

Bila Hati Senang,Makan Apapun Terasa Nikmat

Dalam suasana hati yang damai ,makanan apapun akan terasa nikmat . Hal yang sesungguhnya sangat sederhana,tetapi banyak orang yang merasa perlu belajar kemana mana,untuk mencari jawaban:"Bagaimana agar dapat hidup berbahagia?" Padahal semuanya ada dalam hati kita masing masing. Yuk,mari kita bersihkan ruang hati setiap hari , sehingga kita juga bisa mendendangkan lagu :" Disini senang,disana senang .Dimana mana hatiku senang trala lala lala..."  

Sebuah renungan di hari Minggu pagi 

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan