Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Permainan Bukan Semata untuk Anak-anak

21 Juni 2022   20:18 Diperbarui: 21 Juni 2022   20:25 140 34 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Karena Orang Dewasa Juga Butuh Refreshing

Pernah ikut main kwartet atau main ular tangga dengan anak anak? Kalau kami berdua sering ,selain dari main Kwartet atau ular tangga,ada juga mainan Parcel.ada yang 500 keping dan ada yang 100o keping. Ikut bermain dengan anak anak,bukan hanya semata memberikan support kepada anak anak,tetapi sekaligus merupakan refreshing bagi orang dewasa .

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Refreshing berarti penyegaran jiwa dan raga. Setelah bekerja keras dan tidak jarang dalam kondisi under pressure ,kita butuh refreshing untuk penyegaran lahir batin. Mesin saja yang terbuat dari besi,butuh istirahat ,dibersihkan dan diberi oli,agar jangan sampai rusak. Bila dipaksa  ,maka dalam waktu singkat ,onderdil mesin akan mengalami kerusakan dan tidak dapat lagi difungsikan. Nah,kalau mesin yang terbuat dari besi,butuh diistirahatkan,apalagi tubuh kita yang rapuh.

Karena itu,betapapun sibuknya,perlu dijadwalkan untuk memiliki  waktu untuk bersantai ria.Kerja keras untu cari uang tentu saja baik dan perlu,tapi uang bukanlah segala galanya. Ada hal yang lebih penting,yakni menjaga kesehatan diri,lahir dan batin.

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Refreshing Dialam Bebas 

Kalau berbaring ditempat tidur atau disofa,sambil terus asyik dengan gawai,itu namanya bukanlah refreshing .Refreshing adalah membebaskan diri dari berbagai kegiatan rutin ,sehingga dapat ikut bersantai ria. Karena itu,kami berdua tidak pernah melewatkan setiap ada acara dilapangan terbuka,dengan berbagai aktrasi. Apalagi semuanya disediakan secara gratis ,sebagai layanan bagi warga dari Pemerintah.

Tentu saja,kita secara arif memilih ,permainan yang sesuai dengan kondisi diri kita. Misalnya bagi kami berdua,tentu saja tidak lagi sesuai bila ikut naik jet coaster ,karena dapat menyebabkan bahaya bagi kami berdua .Apalagi ikut kegiatan memanjat tebing . Kami berdua hanya ikut permainan ketangkasan atau naik kereta api mini dan permainan lainnya,yang sesuai dengan usia kami.

Setelah seharian ,menyediakan waktu untuk refreshing,terasa lega dan segar. Hal ini ,sangat berarti ,agar tetap sehat hingga menua. Kalau menghabiskan waktu dengan duduk dirumah ,maka dalam waktu singkat,tubuh akan melempem dan semangat hidup akan meluntur. Karena itu cukup banyak orang yang baru berusia 70 tahun,ngomongnya sudah melantur dan sudah tidak mampu mengurus diri sendiri. Kami berdua bersyukur kepada Tuhan,hingga saat ini semua kegiatan kami lakukan berdua dan tidak menjadi beban bagi anak cucu..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan