Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kata-Kata yang Memiliki Arti Ganda

6 Juni 2022   09:08 Diperbarui: 6 Juni 2022   09:31 286 28 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: freepik.com

Terkadang Membingungkan

Walaupun dulu saya kuliah di IKIP untuk jurusan bahasa Indonesia,tapi bukan berarti menguasai bahasa Indonesia dengan baik, Tulisan ini hanya membahas secara singkat tentang kosa kata yang  terkadang membuat orang bingung. 

Kalau kosa kata dalam bahasa Inggris bikin bingung,ya harap dimaklumi,karena bukan bahasa ibu kita. Seperti kata:"Good" berarti "baik" ,tetapi dibidang bussiness,kata "good" berarti "barang "  Tetapi ternyata,walaupun dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia,ternyata ada kata kata,yang terkadang bikin kita jadi bingung .

Sebagai contoh : kata :"Beruang"

  1. Beruang adalah nama sejenis hewan 
  2. Beruang memiliki ruangan
  3. Beruang memiliki uang

Tetapi ada juga ,yang pronouciationnya kedengaran persis sama ,tapi sesungguhnya tulisannya berbeda dan artinya berbeda total. Contoh :

Sangsi dan Sanksi

Cobalah ucapkan dan kemudian direkam. Dengarkan kembali hasil rekaman ucapan kita ,ternyata kedengarannya persis sama .Padahal,jelas penulisannya berbeda,yakni "Sangsi " dengan huruf "G" dan "Sanksi " dengan huruf :"K". Artinya juga berbeda secara total.

Sangsi berarti ragu. Misalnya,saya sangsi menyaksikan gerak gerik  orang tersebut,karena sejak tadi bolak balik didepan rumah kita . Atau contoh kalimat lain :" Saya sangsi akan kebenaran  ceritanya " 

Sanksi berarti :"hukuman"

Tetapi kata :"Sanksi" yang memiliki huruf "K" ditengahnya ,memiliki pengertian berbeda,yakni  :"hukuman" atas suatu pelanggaran aturan . Misalnya:" PNS yang berbukti melakukan tindak pidana korupsi,akan diberikan sanksi berupa :"pemberhentian secara tidak hormat"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan