Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Telantarkan Anjing? Ini Akibatnya

20 Januari 2022   23:30 Diperbarui: 21 Januari 2022   00:16 145 29 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi: https://www.rspcawa.org.au/

 Didenda dan Dicabut Hak Memelihara Anjing Seumur Hidup

Di Australia  RSPCA - (Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals) memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan terhadap orang yang dicurigai,telah melakukan kekejaman terhadap hewan perliharaan,baik anjing maupun kucing. Dan bila diperoleh data data,melanjutkan ke tingkat Pengadilan .  Pernah seorang pria yang domisili di Perth menelantarkan anjingnya,tanpa dibawa ke rumah dokter hewan yang disini disebut VET. Tetangga yang kasihan menyaksikan anjing tersebut sangat menderita,menelpon RSPCA dan segera dilakukan pemeriksaan. 

Pemilik anjing diperiksa dan pengadilan menyatakan bahwa pemiliknya terbukti telah menelantarkan anjingnya . Di denda 5000 dolar atau setara 50 juta rupiah,serta dicabut haknya,seumur hidup dilarang memelihara anjing dan kucing.

Setiap Warga Adalah Informan Polisi'

Di australia,kepolisian mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Tanpa diminta,bila ada sesuatu yang dinilai dapat mendatangkan bahaya  ataupun tindakan kekejaman,baik terhadap manusia maupun terhadap hewan,maka akan dilaporkan kepada pihak kepolisian. Dan dalam waktu singkat Polisi akan datang dan melakukan pemeriksaan. 

Hal yang menyebabkan warga sangat antusias melaporkan kepada pihak kepolisian,bila ada hal hal yang dianggap mencurigai,adalah setiap pelapor tidak akan disibukan dengan keharusan untuk hadir dipersidangan,maupun di kantor Polisi. 

 Saya sudah pernah menelpon,sewaktu ada yang mabuk disaat kami berada disalah satu restoran. Dalam waktu beberapa menit,polisi datang dan hanya mengucapkan terima kasih kepada saya ,tanpa bertanya ini dan itu,kepada saya.

Tidak Ada Anjing dan Kucing Liar di Australia

Dengan tindakan tegas yang diterapkan,maka selama belasan tahun kami tinggal di Australia,belum pernah menyaksikan ada anjing dan kucing yang berkeliaran. seekor anak anjing atau anak kucing disini bernilai sekitar 300 dollar hingga 700 dolar. 

Bila sudah dibeli,harus dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa dan dipasang chip,serta label yang bertuliskan nama dan nomor telpon pemiliknya. Sehingga bila kedapatan anjing berkeliaran,akan ditangkap oleh Pihak Rspca .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan