Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Target 6000 Artikel Tercapai, tapi 6 Juta Pembaca Gagal

18 November 2021   20:45 Diperbarui: 19 November 2021   07:12 498
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : pixabay.com

ISebuah Pelajaran Berharga

Tahun lalu,bertepatan dengan Kompasianival 2020, secara pribadi saya menetapkan target yang ingin dicapai dalam dunia tulis menulis di Kompasiana,yakni pada Kompasianival 2021 ,artikel saya akan berjumlah 6000  Tulisan dan Tingkat Keterbacaan adalah 6 Juta Pembaca .Ternyata hingga hari ini menjelang semiggu lagi diselenggarakan Kompasianival 2021 secara virtual, target 6000 Artikel sudah terpenuhi. Tentu saja saya sangat senang dan bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan lahir dan batin.

Tetapi dalam hal target tingkat keterbacaan ,ternyata masih jauh dari dari total 6 juta Pembaca. Hal ini sungguh merupakan sebuah pelajaran bagi saya,bahwa kita dapat memaksa diri untuk menulis demi terwujudnya jumlah artikel yang ingin di Posting. Misalnya sehari 2 atau 3 artikel dalam sehari,bahkan bisa juga lebih banyak. 

Tidak Mungkin Dapat Memaksa Orang Membaca Tulisan Kita

Tetapi dalam hal tingkat keterbacaan,ternyata sebagai Penulis,kita tidak mampu memaksa orang membaca tulisan kita.Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menulis tulisan yang lagi  menjadi topik pembicaraan masyarakat. Nah,disinilah saya menyadari kelemahan saya sebagai Penulis,yakni tidak memiliki kemampuan untuk menulis sesuai trend masa kini. Mungkin masih terbawa gaya penulisan kuno,yang isinya berbagi kisah hidup,yang tampaknya sudah tidak lagi menjadi santapan bacaan bagi generasi mileneal. Apalagi tulisan yang berbau wejangan tentang hidup,jauh dari menarik bagi generasi muda. Akibatnya sudah dapat diramalkan tulisan saya tingkat keterbacaannya sangat minim.

Bersyukur Sudah Meraih Peringkat Maestro

Salah satu hal yang membuat saja lega adalah bahwa diri saya sudah mencapai tingkatan Maestro ,berdasarkan apa yang  tertulis dibawah profile saya. Karena secara resmi,saya belum mendapatkan pemberitahuan dari Admin tentang hal ini. Mungkin karena sudah banyak yang berhasil sampai pada peringkat ini,sehingga Admin tidak merasa perlu memberitahkannya lagi.Bagi teman teman  Kompasianer yang sudah meraih tingkat SENIOR berarti satu langkah lagi,akan tiba di peringkat MAESTRO

Berapa banyak Kompasianer yang sudah mencapai tingkat Senior? Sejujurnya,saya tidak tahu persis dan bahkan tidak pernah mencoba menelusurinya. Tapi menurut saya sudah puluhan orang  Kompasianer yang sudah tiba diperingkat Senior. Berarti hanya satu langkah lagi akan meraih Maestro.

Tentu saja peringkatan dimaksud hanyalah sekedar memotivasi para Penulis ,agar lebih aktif dalam menulis dan sekaligus melakukan sharing and connecting  Dalam hal ini  harapan saya untuk mencapai 6000 artikel ,terpenuhilah dengan tulisan ini.Tapi dalam hal mencapai 6 juta pembaca,masih jauh panggang dari api

Saking Terobsesi Saya Melupakan Hal Penting 

Hal ini telah menyadarkan saya bahwa menentukan target agar tetap konsisten menulis tentu saja sangat diperlukan. Tetapi menentukan target pencapaian melebihi kemampuan diri  telah menyebabkan tergradasinya kecermatan dalam mengaplikasikan sharing and connecting Sehingga ada komentar yang tak terjawab. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun