Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Usia 75 Tahun ke Atas, SIM Berlaku 1 Tahun

12 November 2021   09:56 Diperbarui: 12 November 2021   13:29 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Setiap Kali Perpanjang SIM Wajib Medical Check  Up

Pada waktu usia saya  genap 75 tahun, walaupun sesungguhnya masa berlaku Driver Lisence belum berakhir, tetiba saya dapat surat dari Road Traffic Authority bahwa SIM saya di-suspended. Berarti tidak berlaku lagi. Tentu saja saya kaget,karena tidak merasa melanggar aturan lalu lintas. Tapi setelah saya baca keterangan ,baru sadar bahwa memang sudah aturan baku bahwa setiap Pemegang Driver Lisence ,pada hari merayakan ultah ke 75 ,Driver Lisence dinyatakan "Withdraw" atau tidak berlaku lagi.

Saya wajib melakukan Soft Compentency ,yakni medical check up. Ternyata tidak sesimpel seperti saya bayangkan.,melainkan harus melalui check tensi, blood test ,MRI dan CT Scan dan entah apalagi istilahnya. Sudah selesai? Belum ! Saya masih harus menjalani test mata . Sempat saya bercanda pada dokter yang menangani.

"Maaf dokter saya cuma mau mengemudikan kendaraan, bukan jadi Pilot. Kog repot banget?" Dan dokter serius bilang, "Ini bukan mempersulit anda, tapi untuk keselamatan anda dan keluarga yang kut dalam kendaraan yang anda kemudikan. Di samping itu untuk keselamatan pengguna jalan raya lainnya. Kalau mata anda kabur sehingga menabrak kendaraan lain, siap yang bakalan susah?" 

Mendapatkan tanggapan serius, tentu saya diam dan memahami,bahwa pemeriksaan ini dan itu bukan untuk mempersulit,tapi untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain.. Syukurlah saya lulus test kesehatan.

Tidak Perlu Hard  Competency  Test.

Soft Competency test meliputi  pemeriksaan kesehatan, termasuk kesehatan mental dan pemeriksaan mata, serta pendengaran. Sedangkan Hard Competency adalah test kemampuan mengemudi. Pada waktu pertama kali ikut test Soft compentency dan Hard Compentency. Saya lulus dengan nol kesalahan. Begitu ujian, langsung lulus.

Berarti karena kesehatan saya sudah ok, saya sudah dapat memperpanjang Driver Lisence, tapi hanya satu tahun. Berarti setiap tahun harus medical check up lagi. Sepintas merepotkan, tapi sesungguhnya menjadi motivasi bagi para orang tua, untuk merawat kesehatannya. Karena kalau kesehatan menurun, berarti tidak bisa lagi memperpanjang SIM.

Dan untuk memperpanjang SIM,bagi yang sudah senior, nihil pembayaran.

Begitu untuk biaya total medical check up yang bernilai lebih dari 200 dollars ditanggung Pemerintah bila usia 75 tahun keatas.

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun