Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Harga BBM Capai Puncak

4 November 2021   19:14 Diperbarui: 4 November 2021   19:44 129 14 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sekali Isi Tangki Capai Satu Juta Rupiah

Hari ini sewaktu akan mengisi BBM ,kami cukup kaget melihat harga BBM untuk Unleaded,yang biasanya hanya berkisar sekitar 1.50 dolar,mendadak hari ini mencapai 

Saya coba memutar kendaraan menuju ke  pompa Bensin di Shenton,ternyata harganya sama . Sebagai informasi,di Australia harga BBM dalam satu kota bisa berbeda beda. Bahkan terkadang hanya berjarak satu blog saja,sudah berbeda harganya dan bisa selisih harga antara 20 - 30 cent atau setara Rp.3.500 rupoiah perliter.

 Lumayan kalau mengisi 50 liter .Tapi kali ini sudah 3 lokasi pompa BBM kami datangi ternyata harganya sama. Maka tidak ada pilihan lain,terpaksa diisi,karena tanda lampu kuning sudah menyala berarti hanya dapat dikemudikan sejauh sekitar 50 Kilometer. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Self Service

Diseluruh Australia,mengisi BBM dilakukan secara Self Service. Tidak ada si mbak ,yang akan membantu seperti di tanah air kita. Kalau menambah angin atau mengisi air radiator,disini gratis. Karena tidak ada tukang tambal ban dipinggir jalan. Disini,kalau ban sudah bocor ,ya diganti dengan yang baru. Ini aturan, bukan tergantung kita mau atau tidak. 

Bahkan walaupun belum bocor,bila ragi ban sudah menipis,maka wajib diganti dengan yang baru. Ban bekas disini tidak ada harganya,kalau mau boleh dibawa pulang,tapi untuk apa?

Mengemudikan kendaraan dengan ban yang sudah licin adalah :"illegal" ,kalau ketangkap akan didenda ,karena dianggap membahayakan pengguna jalan raya lainnya. Bahkan saat ujian untuk mengambil Driver Lisence,yang pertama di tengok adalah kelengkapan kendaraan.

Lampu sign harus menyala,lampu rem dan lampu jauh. Begitu juga ban kendaraan di periksa,bila kedapatan ada satu saja ban yang dianggap tidak layak pakai,maka Polisi akan mengatakan :"Fail" .Gagal ujian,walaupun belum diuji. Resikonya 60 dolar uang ujian hangus dan bila mendaftar lagi,ya harus bayar lagi.

harga normal /dokumentasi pribadi
harga normal /dokumentasi pribadi
Mogok Kehabisan BBM Denda 1000 Dolar

Mogok karena kehabisan BBM bila pas berada dijalan free way,maka akan didenda 1000 dolar dan masih harus membayar biaya derek kendaraan minimal 300 dolar. Kalau di Indonesia, mobil kita mogok,boleh minta tolong teman menariknya dengan menggunakan tali ,tapi disini  tidak boleh,selain dari kendaraan derek khusus.Begitu juga bila gunakan Ponsel sewaktu mengemudi di denda 1000 dolar. Kalau tidak sanggup bayar hingga 3 bulan,maka kendaraan akan dilelang untuk bayar denda dan kelebihannya akan dikembalikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan