Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Jangan Sampai Mimpi Mendadak Jadi Kaya Raya

17 Oktober 2021   20:31 Diperbarui: 17 Oktober 2021   20:37 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi/ini baru sebagian dari koleksi koin saya ,masih ada 10 kali lebih banyak lagi di Jakarta.

Membaca Harga Sekeping Koin Senilai 100 Juta Rupiah

Belakangan ini gencar banget mengenai harga koin lawas  100 rupiah yang konon dibanderol 100 juta rupiah sekeping . Ada lagi embel embel sekeping koin 500 rupiah diganjar 200 juta rupiah. Kalau untuk sekedar menghibur diri,ya boleh boleh saja,tapi jangan ditanggapi serius,karena bisa menjadi rujukan kita ke RSJ - Rumah Sakit Jiwa . Membayangkan,dalam lemari tersimpan puluhan koin lawas,yang konon di banderol ratusan juta rupiah,bisa menyebabkan orang mabuk kepayang . Terus mulai melamun,akan membeli sebuah BMW terkini dan beli sebuah Penthouse  . Karena bila larut dalam angan angan,dapat menyebabkan orang tertawa sendiri sepanjang jalan .Dan akibatnya bisa diantarkan keluarga ke Rumah Sakit Jiwa

Saya pernah hampir mabuk,karena di Jakarta saya masih menyimpan ratusan koin,yang "katanya" dilabel ratusan juta rupiah. Tapi ketika saya tawarkan ,yang tulis iklan mengatakan bahwa Profesinya adalah membantu memasarkan,tapi tidak dalam kapasitas menjadi Pembeli. Dan saya bilang,:"Maaf,anda tulis sekeping koin kuno ,bisa terjual dengan harga 100 juta rupiah. Kini saya jual kepada anda dengan harga 10 juta rupiah saja,mau nggak?" Jawaban:"Maaf pak,ntar saya tanya boss dulu ya" dan sejak saat itu komunikasi tidak nyambung lagi.

salah satu koleksi ,pisau dari Alaska,gagangnya asli gading dan ada ukiran antik pada pisau .saya label 1 miliar rupiah /dokumentasi pribadi
salah satu koleksi ,pisau dari Alaska,gagangnya asli gading dan ada ukiran antik pada pisau .saya label 1 miliar rupiah /dokumentasi pribadi
Harga Real Adalah Berapa Dibeli Orang 

Kalau melabel ,koin dengan harga 500 juta rupiah,tentu boleh boleh saja,tapi apakah ada yang mau beli? Nah,ternyata hanya mengumbar sensasi saja. Hampir sama dengan bila kita hadir dalam lelang lukisan,ada yang melabel lukisannya  ratusan juta rupiah,tapi sampai lelang ditutup,lukisan tersebut masih utuh didinding . Yang dimaksudkan dengan "harga real" adalah berapa harga yang sudah terjual. Kalau sudah dibeli orang dengan harga 100 ribu rupiah,maka itulah harga realnya. Sedangkan 100 juta rupiah adalah impian dari pemilik koin tersebut. Orang bermimpin tidak ada salahnya,tapi jangan sampai kita percaya akan mimpi orang dan menjadikannya sebuah kenyataan.

Ada kesamaan dengan Koleksi Pisau

Saya mengoleksi pisau sejak tahun 1979 dan sudah mengoleksi pisau antik dari puluhan negara di dunia . Memang pernah ada yang mau beli koleksi pisau saya senilai 100 juta rupiah,tapi bukan satu melainkan satu koper .Nggak usah yee. Kalau satu pisau ada yang mau beli senilai 100 juta rupiah atau sekeping koin saya yang jumlahnya ratusan keping,maka saya akan mengundang semua teman teman ke Australia dan seluruh tiket pulang pergi saya yang tanggung. Doakan semoga ada orang kaya mendadak yang kesurupan dan memborong semua koin saya,maka dalam waktu dan tempo sesingkat singkatnya uang saya akan berjumlah puluhan miliar dan saya akan tepati janji mengundang teman teman yang rajin memberikan komentar pada tulisan saya.  ( sumber: imingiming.com.au)

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun