Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mau Sih Berkebun, Tapi Tanah Cuma Secuil (Alasan Kuno)

22 Juli 2021   18:24 Diperbarui: 22 Juli 2021   18:42 142 25 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Sih Berkebun, Tapi Tanah Cuma Secuil (Alasan Kuno)
Dokumentasi Pribadi

Selagi Masih Ada Tanah, Disana Bisa Tumbuh Tanaman

Kalau sudah ada rasa enggan,maka ada seribu alasan. Kalau ditanya,kenapa tidak memanfaatkan tanahnya untuk berkebun? Ah cuma sejengkal,emangnya mau tanam apa? Tapi kalau tanah pekarangan luas ,jawabannya :" Nggak kuat saya,usia sudah 50 tahun tahu "  Seperti kata peribahasa :"Tidak satu jalan menuju ke Roma" maka begitu juga bagi yang memang pada dasarnya enggan (baca: malas) berkebun,maka ada seribu alasan untuk pembenaran diri,mengapa tidak memanfaatkan tanah yang ada .

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Ibarat orang yang jatuh cinta setengah hati, hujan gerimis saja bisa membatalkan janji untuk datang,dengan alasan ,:"Ntar masuk angin" .Tapi kalau memang sudah jatuh cinta dengan setulus hati,maka jangankan hujan,banjirpun ditempuh hanya untuk dapat bertemu orang yang dikasihi .Begitulah kira kira dapat dianalogikan ,bagi yang enggan bercocok tanam

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Hobi Berkebun Tidak Perlu Lulus Sarjana Pertanian

Orang tidak perlu lulus sarjana pertanian ,bila hanya untuk sekedar menjalani hobi berkebun di lahan mini serta tidak perlu harus menguasai ilmu  tentang bercocok tanam hingga mendalam. Yang diperlukan adalah  melakukannya dengan sepenuh hati. Tidak masalah tanah yang kosong dilaman rumah hanya sepotong,asal saja jangan dikerjakan dengan separuh hati. Pertama adalah membersihkan tanah dari rerumputan ,agar kelak bila tananam tumbuh,jangan sampai jadi merangas akibat berebut makanan dari rumputan. 

Kalau tanah secuil,ya tentu jangan ditanami pohon kelapa atau pohon mangga,tapi memilih "tanaman muda" yang dapat dipanen dalam hitungan hari atau  minggu. Setelah tanah steril dari rerumputan ,maka diaduk dengan tanah pupuk hingga merata. Jenis sayuran yang mau ditanam tentu saja sesuai dengan selera masing masing. Sebaiknya tanamlah jenis tanaman yang memiliki multi khasiat. Seperti daun saledri,selain dari untuk sup. juga bermanfaat untuk mencegah hipertensi. 

Tanaman sereh (serai) atau dikenal juga dengan nama "lemongrass" disamping dimanfaatkan untuk masakan sup.soto dan masakan daging,sekaligus dapat dijadikan minuman berkhasiat dengan merebus beberapa potong dari serai  Untuk mengetahui khasiat tanaman herbal, nggak perlu sampai buka kamus ataupun tanya ke mbak google ,karena sudah hampir setiap orang paham akan manfaat dari setiap tanaman Sereh (lemon grass), yang sangat baik bila dicelupkan dalam teh hangat untuk mengusir rasa dingin dan flu. 

Mendayagunakan  tanah sejengkal , menanaminya dengan tanaman herbal disamping sangat bermanfaat bagi kesehatan ,juga akan mempercantik pemandangan dipekarangan mini kita..Bahkan andaikata tanah yang tersisa begitu minimnya ,sehingga ada beberapa tanaman tidak kebagian tempat, nggak usah binggung.Bisa memanfaatkan ember plastic yang sudah tak terpakai lagi untuk dijadikan wadah bertanam herbal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN