Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Rendang dan Dendeng Balado Tetiba Hilang dari Menu, Ada Apa?

12 Juli 2021   18:43 Diperbarui: 12 Juli 2021   19:11 568
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi 

Ternyata Ini Sebabnya 

Selama bertahun tahun tinggal di Australia, menu santapan dari mulai sejak bangun pagi adalah :

  • secangkir Capucinno
  • indomie dan sebutir telur sebagai sarapan
  • makan siang nasi dan dendeng balado  atau ikan goreng balado
  • makan malam nasi dan rendang Padang atau ikan masak pangek serta telor balado

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Tetiba Terjadi Perubahan Menu

Tapi sejak belakangan ini tetiba terjadi perubahan drastis dari mulai sarapan pagi hingga santap siang dan santap malam. Pada awalnya saya kira agar supaya tidak bosan, isteri saya yang merangkap jadi menteri urusan rumah tangga telah mengubah angaran dasar pembelanjaan rumah tangga.

Karena memang sejak setelah pensiun seluruh urusan keuangan dan penataan rumah tangga saya serahkan sepenuhnya kepada  penasihat pribadi saya, maka saya santai saja menikmati santapan yang dihidangkan.  

20210712-072347-60ec315106310e24a65df4a2.jpg
20210712-072347-60ec315106310e24a65df4a2.jpg
Tapi sudah lama dendeng balado, rendang, dan ikan goreng balado tidak muncul, maka saya tanyakan kepada isteri saya, mengapa ?

Ternyata ada urusannya dengan Pandemi. Kog bisa?  Ternyata isteri saya lebih banyak tahu tentang salah satu cara untuk menjaga stamina demi mencegah tertular Covid 19.bukan hanya dengan:

  • menjaga jarak
  • menggunakan masker 
  • menghindari kerumunan 
  • olahraga
  • olahbatin 
  • mengonsumi Vitamine D3

Tak kalah pentingnya ,meningkatkan pola makan ke menu yang lebih sehat ,yakni yang berisi:

  • Sayuran
  • ikan
  • daging
  • kerang 
  • jamur segar
  • serta mengurangi gorengan 
  • makanan berlemak

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Menu Masakan ala Hot Pot

Karena bukan saya yang memasak, tapi hanya sebagai penonton  maka saya saksikan sayuran segar, potongan ikan, kerang, potongan daging dan jamur segar, dipotong kecil kecil, Dicuci dan dimasak ditungku mini yang kapasitasnya hanya cukup untuk  makan dua atau tiga orang   Tidak pakai bumbu penyedap selain garam setengah sendok teh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun