Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Warga Senior Dihargai, Bukan Dikasihani

18 Juni 2021   09:54 Diperbarui: 18 Juni 2021   10:01 122 24 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warga Senior Dihargai, Bukan Dikasihani
Dokumentasi pribadi /ket. foto: mobil Nissan Xtrail yang saya kemudikan

Bukan  Orang Tua Tak Berdaya 

Menyamakan warga Senior dengan "orang tua tak berdaya" maupun kaum Lansia, sesungguhnya mengandung pelecehan terselubung. Tapi sudah terlajur "direstui" sebagai kosa kata yang resmi untuk menamakan orang yang sudah berusia 60 tahun keatas.

Tapi mau protes ke mana? Karena orang tidak merasa perlu buang waktu untuk membahasnya. Maka resmilah semua orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas disebut sebagai "Lansia" dan lebih parah lagi di Malaysia disebut "Orang tua tak berdaya" Karena itu setiap kali kami masuk ke ruang tunggu keberangkatan saat berada di Malaysia, begitu ada pengumuman "Orang tua tak berdaya, disila masuk terlebih dulu" kami tidak ikut. Karena merasa, walaupun usia sudah 78 tahun, tapi kami bukannya manusia tak berdaya. 

Apakah Semua Orang Tua Tak Berdaya?

Banyak orang tua yang sudah tidak mampu mengurus diri sendiri adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, tapi bukanlah berarti dapat mengeneralisir bahwa semua orang tua adalah "manusia tak berdaya". Sebuah kekeliruan cara berpikir dan mengambil kesempulan. Kenyataannya, banyak orang tua yang masih aktif bekerja di sawah dan di ladang. Dan tidak sedikit orang orang yang disebut dengan nada melecehkan "manula" masih aktif mengajar sebagai tenaga pengajar. Tapi itulah hidup. Ada banyak hal yang hati kita tidak menerimanya, tapi tidak dapat berbuat apa-apa, karena sudah menjadi keputusan dan aturan baku.

Mendengar kata "manula" kesannya adalah orang orang yang patut dikasihani, makan disuapin dan mandi dimandikan. Padahal sesungguhnya mengeneralisir bahwa semua orang tua adalah sosok yang patut dikasihani, sudah merupakan pelecehan terselubung.

Penghargaan yang Diberikan kepada Warga Senior:

  • Bebas biaya transportasi umum, baik bis, kereta api dan tram (kecuali jam sibuk)
  • Bebas biaya perawatan 
  • Bangku duduk khusus bagi warga senior di kereta api dan di bis umum serta di ruang publik lainnya
  • Tempat parkir khusus bagi warga Senior 
  • dan seterusnya

Sesungguhnya masih banyak lagi fasilitas lainnya, tapi bila dituliskan akan menimbulkan kesan seakan-akan memberikan sanjungan setinggi langit kepada negeri orang. Setidaknya dengan adanya fasilitas menggunakan transportasi umum dan biaya perawatan gratis serta tempat parkir khusus, sudah merupakan gambaran, betapa warga senior di sini sangat dihargai.

Pengertian Senior

Warga Senior adalah orang orang yang sudah berpengalaman dalam berbagai ruang kehidupan. Baik sebagai orang tua, tenaga pendidik dan beragam profesi lainnya. Karena sudah berpengalaman dalam banyak hal, maka warga Senior sudah selayaknya mendapatkan tempat terhormat dalam masyarakat. Menjadi tempat bertanya dan sumber inspirasi dan motivasi. 

Salah satu kelebihan warga senior yang tak terbantahkan adalah bahwa semua warga Senior sudah pernah merasakan bagaimana hidup sebagai orang muda. Sebaliknya kaum muda belum pernah merasakan hidup sebagai orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x