Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kita adalah Makhluk Sosial

7 Juni 2021   21:10 Diperbarui: 7 Juni 2021   21:11 160 22 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita adalah Makhluk Sosial
dokumentasi pribadi

Karena Itu Kita Butuh Sahabat

Boleh jadi secara financial kita merasa tidak membutuhkna bantuan orang lain. Tidak ada yang memasak? Gampang,tinggal pilih warung atau restoran mana yang mau dikunjungi. 

Kalau lagi malas kemana mana,tinggal telpon,pesan makanan dan dalam waktu singkat akan diantarkan ke alamat kita. 

Tetapi manusia hidup tidak hanya untuk makan,melainkan mencakup semua kegiatan lainnya seperti bekerja ataupun berusaha demi untuk berbagai kebutuhan hidup. Karena itu mustahil kita bisa bertahan hidup tanpa orang lain,kecuali dalam film Tarzan.

Orang yang hidup tanpa sahabat,akan merasakan kesepian dalam hidupnya. Walaupun orang bisa berkilah bahwa :"hidup sendiri itu enak,karena bisa bebas merdeka,"tapi sejujurnya disaat saat berada seorang diri,akan merasakan lonely atau kesepian. Karena itu orang normal membutuhkan sahabat Dan hal ini bersifat lintas suku bangsa dan tidak memilih tua dan muda 

Sudah Opa dan Oma Kog Masih Mau Cari Teman?
Seperti yang saya tuliskan kemarin,kami hadir dalam acara makan malam bersama komunitas orang Afrika. Apa yang sesungguhnya kami cari? Kalau hanya sekedar dapat makanan gratis, kami tidak usah jauh jauh ke tempat acara. 

Cukup kami datang saja kerumah putera kami atau kerumah cucu kami,maka pasti kami akan diajak makan bersama. Tapi  yang kami cari bukanlah makanan gratis,melainkan mendapatkan teman teman baru dalam setiap ada pertemuan,baik dalam acara makan malam,,maupun hanya acara ngopi bareng.

Hidup dengan dikelilingi banyak teman dan sahabat,sungguh menghadirkan sebuah kebahagiaan tersendiri. Karena itu,setiap ada kesempatan untuk dapat bertemu dengan orang banyak,kami selalu memastikan akan hadir. 

Karena itu,selama tinggal di Australia,kami tidak pernah merasa lonely,karena hampir setiap hari ada saja acara pertemuan dengan teman teman.Baik sesama orang Indonesia,maupun dengan warga lokal. 

Karena itu setiap ada kesempatan pulang ke tanah air,kami pasti akan mengundang teman teman untuk acara makan bersama,demi untuk merawat hubungan baik yang sudah terjalin sejak lama dan bilamana memungkinkan menjalin hubungan persahabatan dengan orang orang yang baru kami kenal sebatas di dunia maya. 

Dan setelah pertemuan,baik dalam acara  bersama ataupun sekedar ngopi bareng,menjadi semakin lengkap bila kami sudah saling bertemu

Salam persahabatan

Tjiptadinata Effendi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x