Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Pelangi, antara Mitos dan Fakta

23 Mei 2021   16:08 Diperbarui: 23 Mei 2021   19:15 124 18 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelangi, antara Mitos dan Fakta
Dokumentasi pribadi

Hanya Orang Yang Terberkati Yang Dapat Menyaksikan Pelangi

Setiap orang dalam perjalanan hidupnya ,pasti sudah pernah menyaksikan Pelangi. Karena untuk dapat menyaksikan Pelangi, tidak dibutuhkan alat bantu,seperti halnya bila ingin menyaksikan bintang bintang dilangit. 

Dengan mata telanjang, setiap orang dapat menyaksikan keindahan pelangi. Tetapi pelangi tidak setiap saat ada, bahkan tidak dapat ditentukan kapan akan hadir diangkasa. 

Bisa jadi dalam seminggu kita beruntung dapat menyaksikan Pelangi secara berturut turut sebanyak lebih 2 atau 3 kali. Tapi tidak jarang dalam berbulan bulan, tidak pernah menyaksikan Pelangi karena berbagai kesibukan sehingga tidak sempat memperhatikan femomena alam yang indah memukau ini.

Pelangi biasanya muncul sehabis turun hujan gerimis, tetapi pelangi bisa terjadi disaat cuaca cerah tanpa hujan  Bahkan terkadang Pelangi dapat dilihat dalam cuaca berkabut dan berembun. 

Pelangi terdiri dari ketujuh warna yang berasal dari cahaya. Warna-warna tersebut adalah merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.Tapi tidak semua warna dapat terpantau dengan jelas dengan mata telanjang.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Keindahannya Yang Memukau Hadirkan Berbagai Mitos Tentang Pelangi

Fenomena alam yang menghadirkan keindahan yang memukau ini telah menghadirkan berbagai kisah mitos tentang Pelangi. Dari mulai cerita anak anak bahwa Pelangi adalah merupakan jembatan untuk tiba di negeri para Kurcaci hingga jembatan menuju ke Surga . 

Diantara mitos yang paling dipercayai oleh masyarakat luas adalah bahwa "Barang siapa yang beruntung dapat menyaksikan Pelangi muncul,maka hal ini merupakan petanda akan mendapatkan keberuntungan dan pintu hokki terbuka lebar lebar. Dalam kalimat lain,hanya orang orang yang terbekati saja yang mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam yang berujud Pelangi ini.

Dan menurut berita yang dilangsir oleh Kompas,bahkan mantan Presiden RI juga percaya akan hal ini.  Untuk jelasnya,izinkanlah saya mengutip insti dari berita tersebut:

KOMPAS.com - Belakangan masyarakat dihebohkan dengan kemunculan pelangi di beberapa tempat dan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Sebagian besar kemunculan pelangi ini terjadi di daerah Jawa Barat, yakni Bogor dan Bekasi. Masyarakat pun berlomba-lomba mengabadikan fenomena alam tersebut dan membagikannya ke sosial media. Tak terkecuali oleh keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Melalui akun instagramnya, Siti Ruby Aliya Rajasa, istri Edhie Bhaskoro Yudhyono (Ibas) membagikan foto momen Lebaran keluarga SBY dengan latar belakang pelangi.  Klik untuk baca: Kompas.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN