Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Bukan Cuma Kompasiana yang Punya Premium

20 April 2021   18:59 Diperbarui: 20 April 2021   19:13 648
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buah Kurma Juga Ada yang Kualitas Premium

Dulu sewaktu saya masih duduk di S.R. -Sekolah Rakyat yang setingkat dengan Sekolah Dasar ,yakni sekitar tahun 50 an, kalau pengin makan kurma,harus menunggu setahun sekali. Nah,yang suka makan buah kurma itu ,tidak terbatas  hanya pada umat Muslim,tapi semua orang suka makan buah kurma . Tapi pada waktu itu,yang masuk sekali setahun dan diimpor oleh perusahaan Internatio atau Borsumey hanya satu jenis buah kurma murahan,yang berada dalam kaleng .Karena pada masa itu ,untuk makan nasi saja sudah susah,apalagi untuk menikmati makanan ekstra seperti buah kurma . Saat dijual.buah kurma sudah saling melengket satu sama lainnya,karena memang kualitasnya ,sesuai dengan harganya. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Kini Orang Bisa Memilih Sesuai Selera dan Sesuai Isi Dompet

Sejak ekonomi Indonesia merangkak membaik,maka orang sudah dapat memilih buah kurma sesuai dengan selera dan sesuai isi dompet.masing masing.Selain itu,setiap saat bisa makan buah kurma,tanpa menunggu datangnya bulan Ramadhan. Bahkan kalau di Australia bisa pesan online ,tentunya ada jumlah minimalnya dan plus ongkos antar.

Seperti yang sudah pernah saya tuliskan,kami sudah sejak lama mengonsumsi buah kurma,walaupun kami tidak ikut berpuasa. Alasannya adalah buahnya enak dimakan dan bermanfaat untuk pencernaan . Ada berjibun khasiat yang dipaparkan ,tapi bagi saya pribadi, adalah nyaman dan aman masuk ke dalam perut dan mencegah maag kambuh lagi. Karena dulu akibat sering kali dioperasi,maka saya minum obat sepanjang tahun dan efek sampingnya,maag saya mengalami perdarahan . Apa  istilah medisnya ,sejujurnya saya tidak tahu. 

Yang saya ingat adalah sewaktu usai operasi untuk ke 4 kalinya di  Rumah Sakit Mount Elisabeth di Singapore dan diizinkan pulang ke hotel. pada jam 01.00 dini hari maag saya kambuh dan dilarikan ke ruang emergency . Sejak saat itu,penyakit maag sangat akrab dengan diri saya dan tanpa diundang seringkali bolak balik mengunjungi saya. Selain dari maag, agar penderitaan saya semakin lengkap,maka saya juga mengalami sembelit. Sehingga berlangganan makan Broklat dan obat pencahar

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Ternyata Buah Kurma Sangat Bermanfaat

Ini bukan iklan,karena saya tidak jualan buah kurma dan juga hingga saat ini belum memiliki perkebunan kurma. Tulisan ini semata mata sebagai informasi ,bahwa buah kurma itu banyak jenisnya dan kita bebas memilih sesuai selera dan sesuai dengan isi dompet. Tapi apapun yang dipilih, apakah yang harganya hanya 2 dolar sekotak atau kurma Premium yang harganya 18 dolar perkotak dengan berat 400 gram,khasiatnya sama,yakni sangat bermanfaat untuk mencegah semblit dan mencegah kambuhnya maag

Saya sudah lebih dari satu tahun tidak bisa pulang kampung sehingga tidak tahu apakah di negeri kita juga banyak pilihan buah kurma

Semoga tulisan kecil ini ada manfaatnya

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun