Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Bapak Puasa? Kok Wajahnya Ceria Banget?

19 April 2021   18:12 Diperbarui: 19 April 2021   19:12 948
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Salah Persepsi Tentang Puasa

Awalnya dulu saya berpikir bahwa orang berpuasa itu wajahnya tampil kelelahan dan rambut kusut .Bahkan tidak boleh diajak bercanda .Hal ini saya saksikan setiap bulan puasa sewaktu masih tinggal di Pasar Tanah Kongsi Penjual ayam yang setiap hari nongkrong didepan kedai saya  ,biasanya sering terlibat candaan ringan dengan saya. Misalnya kalau mereka numpang ke toilet atau minta air minum terkadang is  saya bilang :"Boleh,tapi harus bayar " Dan kami tertawa bersama 

Tapi suatu waktu dibulan puasa ,saya bercanda seperti biasa .Namun kali ini reaksinya berbeda :"Ambo puaso ko mah.jaan bagarah juo." Dan diucapkan dengan wajah marah. Saya kaget dan.minta maaf.Sejak saat itu setiap bulan puasa saya selalu ingat bahwa  orang yang sedang berpuasa tidak boleh diajak bercanda 

Dan tentu saja saya menghargai keberatan orang dan menahan diri untuk lebih banyak berdiam diri setiap bulan puasa. 

Keliru Mengambil Contoh

Pada awal.saya mulai mencoba alih profesi saya mengunjungi kenalan semasa masih berkerja ,namanya pak Alex. Yang tinggal di daerah Simabu tidak jauh dari kota Batusangkar.Pada waktu itu bertepatan dengan bulan puasa. Pak Alex menyambut kedatangan.saya dengan gembira , dan sambil memeluk pundak saya  sambil berkata :"Onde mande ,ala lamo awak indak basuo yo..masuaklah angku "  (aduh sudah lama banget kita tidak bertemu ya pak )

Menyalami dan mengajak saya masuk kedalam rumahnya yang lumayan besar. Begitu duduk putri pak Alex menyuguhkan secangkir teh hangat . Saya heran dan bertanya :"Hmm maaf pak Alex puasa  kan ?"

Langsung dijawab:"Ya iyalah pak Effendi "  

"Aduh maaf  saya tengok pak Alex tampil rapi dan ceria . Biasanya orang puasa kan tampillannya berbeda pak ?"

Dan pak Alex tertawa lepas dan berkata:" Ambo pernah mandaga ,kalau di igamo angku ado pesan  (terjemahannya: Saya pernah mendengarkan ada pesan dari agama yang anda imani ):"Kalau kamu berpuasa minyakilah rambutmu dan basahkanlah bibirmu. Karena bila kamu berpuasa hanya untuk dipuji orang, maka tiada lagi pahala bagimu. Karena kamu sudah menerimanya Merupakan puji pujian orang " Nah,walaupun di igamo nan ambo imani,indak persis seperti itu,tapi intinyo yo samo " (terjemahan:'Nah,walaupun di agama yang saya imani,tidak persis seperti kalimat diatas,tapi intinya sama)

Ternyata Pak Alex Lebih Paham Ketimbang Saya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun