Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dibutuhkan 7 Ribu Tenaga Kerja

10 April 2021   20:31 Diperbarui: 10 April 2021   20:46 211 23 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dibutuhkan 7 Ribu Tenaga Kerja
ilustrasi: abc rural /abc.news

Hadiah 1 Miliar Rupiah untuk 10 Orang Yang Beruntung

Diberbagai belahan dunia rata rata terjadi begitu banyak pengangguran akibat serangan Pandemi Covid 19 yang merambah keseluruh pelosok dunia. Tapi dalam hal ini ternyata Australia khususnya di negara bagian Queensland  ternyata tidak terkena imbasnya, khusus di bidang pertanian sayur sayuran dan buah buahan. Justru para pemilik perkebunan,merasa cemas karena kekurangan tenaga kerja sehingga berpotensi terjadinya gagal panen.

 Kami sudah pernah tinggal di Townsville ibu kota negara bagian Queensland ini. Di taman umum ada pohon mangga yang berbuah lebat dan tidak ada yang tertarik mengambilnya.

Suatu waktu,saya diajak tetangga untuk mengambil buah mangga di taman umum. Ia membawa potongan kayu yang bisa disambung dengan mudah sehingga mencapai panjang sekitar 7 meteran. Dan saya bertugas untuk mengait buah mangga yang ranum. Hasilanya ada lebih dari 20 buah mangga yang  ranum dan kami bagi dua. Hal ini bukan mencuri mangga karena siapapun boleh mengambilnya asal saja tidak merusak pohonnya dan tidak membuang sampah sembarangan.

Kembali Kejudul

Untuk mengantisipasi agar hal ini jangan sampai menjadi kenyataan, maka  Asosiasi Petani Stroberi Queensland (QSGA) menawarkan hadiah uang tunai senilai 100 ribu dolar  atau sekitar 1 miliar rupiah untuk menarik orang yang mau bekerja di ladang  stroberi di musim dingin tahun 2021.

Mereka yang bekerja akan mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam undian Rencananya  sebanyak 100 amplop akan dibagikan dan pemenangnya akan ditentukan oleh komputer Sepuluh orang akan dipilih dan masing-masing dari 10 orang tersebut berpeluang mendapatkan AU$100 ribu atau senilai satu milliar rupiah. Salah satu dari amplop ini berisi uang AU$100,000, sementara setiap amplop lainnya berisi uang AU$1,000 atau senilai 10 juta rupiah Lumayan kan?

Untuk jelasnya dapat disimak dari kutipan ini:

  • Queensland strawberry farmers are eyeing off a 7,000 worker shortfall ahead of the winter harvest
  • The industry is offering a cash prize to lure workers in
  • The chances of winning are increased the longer workers
  • sumber.

Diperlukan sekitar tujuh ribu pekerja 

Mereka juga menawarkan hadiah lain, seperti hadiah berlibur selama beberapa bulan ke daerah wisata lokal setelah musim panen berakhir. Orang yang tertarik bekerja akan diizinkan untuk mengecek ladang sebelum mendaftar. Jika dalam  masa percobaan para pekerja  atau tidak merasa sanggup untuk bekerja disana,maka mereka dapat mencoba ladang lain.

Memang untuk mendapatkan kesempatan mengisi lowongan perkerjaan ini tidaklah semudah seperti dibayangkan karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x