Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Harga Rambutan 35 Kali Lipat Dibandingkan Harga Buah Apel

22 Maret 2021   19:27 Diperbarui: 22 Maret 2021   19:59 572
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi /buah rambutan perkilogram Rp.350.000.--

Ternyata Buahan Lokal Kita di Negeri Gengsinya Meroket

Setiap kali kita berkunjung ke rumah sahabat atau kerabat kita,maka sesuai dengan tradisi setempat,biasanya kita membawa oleh oleh atau buah tangan . Bagi yang kondisi keuangannya mampan,mungkiin membawa oleh oleh barang barang mahal. 

Tapi rata rata orang membawa buah buahan import demi menjaga gengsi. Hal bukan hanya dilakukan oleh orang lain,tapi saya sendiri juga dulu melakukan hal yang sama.Yakni mencari buahan import,setidaknya buah apel dan buah pir serta buah anggur.

Rasanya malu banget kalau hanya membawa oleh oleh buahan lokal seperti pisang ,manggis ,alpukat serta rambutan .Rasanya gimana tuh. Mau dibilang tidak berjiwa nasional atau apapun masa bodolah,yang penting jangan sampai kita kehilangan muka dihadapan sahabat kita,karena datang dari jauh jauh untuk bertamu eee cuma bawa buahan lokal.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dinegeri Orang Baru Sadar

Setelah tinggal di negeri orang,baru saya sadar bahwa buahan yang dikampung halaman sendiri kurang dihargai,ternyata di Australia pamornya meroket. Bayangkan, harga satu kilogram Rambutan adalah 35 kali lipat Harga Apel. 

Tadi kami ke market dan kebetulan tampak ada rambutan. Karena sudah lama banget tidak makan rambutan,rasanya kangen mau makan agak beberapa buah.Tapi menengok harganya ,selera langsung menyurut dan hilang total. Bukan karena pelit.tapi rasanya sayang banget hanya  untuk makan rambutan  saja harus bayar 350 ribu rupiah,yang kalau di kampung halaman saya di Padang bisa dapat 10 kilogram

Begitu juga suatu waktu mau beli duren ,tapi menyaksikan harganya selangit,selera langsung di lockdown. Akhirnya kami jadi juga makan duren ,tapi yang dibelikan oleh putra kami Bukan hanya sekali,tapi berkali kali

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Ntar Kalau Pulang Kampung Mau Saya Borong Duren dan Rambutan 

Untuk menghibur diri,saya bilang ke istri ,kalau Miss Corona sudah di deportasi kembali kealamnya dan kami bisa pulang kampung,saya akan memborong duren dan rambutan,serta manggis,sebagai balas dendam .Isteri saya hanya ketawa melihat gaya saya kayak anak Abg lagi ngambek nggak dapat makanan yang disukai

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selain dari buahan yang saya sebut diatas,saya juga mau cari jengkol dan petai . Karena selama beberapa tahun disini,saya puasa makan jengkol.Kalu petai ada dijual dalam kaleng ,tapi harganya selangit . Ya udahlah,semakin banyak saya menulis tentang aneka ragam buahan kesukaan saya,ngar saya  semakin ngiler ,bahaya tuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun