Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Ampuh Atasi Kondisi Bahaya

20 Maret 2021   18:52 Diperbarui: 20 Maret 2021   18:54 141 31 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Ampuh Atasi Kondisi Bahaya
Ilustrasi :alamystockphoto

Untuk Menolong Diri Sendiri dan Orang Lain

Apa yang dimaksudkan dengan kondisi bahaya?  Sepintas mungkin terlintas dalam pikiran kita,bahwa yang dimaksudkan dengan :"bahaya" adalah bila kecelakaan lalu lintas ,jatuh dari pohon atau disengat ular berbisa. Kata :"bahaya " disini ditekankan hal hal atau kejadian yang dapat berakibat fatal atau dalam bahasa vulgarnya,dapat menyebabkan kematian. 

Banyak orang tidak menyangka,bahwa hal yang tampak sangat sepele,bila diabaikan dapat mengakibatkan kematian,sama halnya dengan bila mengalami accident .Misalnya ,minum obat sebelum mengemudikan kendaraan .Tetiba saat berada ditingkungan pengaruh obat mulai bekerja dan untuk satu dua detik kehilangan kontrol atas kemudi dan terjadilah apa yang seharusnya tidak terjadi,yakni :"hanya" karena lupa,bahwa obat batuk mengandung codein yang menyebabkan rasa kantuk,maka orang yang tadinya berangkat dalam keadaan segar bugar,hidupnya berakhir di Rumah Sakit.

Penyebab Lain Adalah Pusing

Pusing disini tentu tidak dimaksudkan :"Pusing " lantaran pacar direbut orang atau karena banyak pekerjaan menumpuk,melainkan pusing dalam arti kata sesungguhnya. Yakni secara tiba tiba ,pandangan mata menjadi gelap dan kehilangan keseimbangan,sehingga  memaksa kita untuk berhenti sesaat,kalau tidak ingin berakibat fatal atas diri kita. Dan bila kita lagi mengemudi,bukan hanya diri kita yang dalam bahaya ,tapi juga pengguna jalan raya lainnya.

Pusing bisa datang kepada siapa saja,bahkan bisa saja seorang yang berprofesi seorang dokter tiba tiba ,merasa pusing . Lalu bila hal ini terjadi pada diri kita ,apa yang harus dilakukan ? Berteriak minta tolong? Belum tentu orang yang berada disekitar sana,berani datang menolong Apalagi di era Covid 19 ini.Bisa jadi melihat ada orang yang tiba tiba sakit,boleh jadi orang disekitar menjauh. Bukan karena mereka tidak punya rasa kemanusiaan,melainkan karena kuatir kita terkena Covid 19 atau boleh  jadi dikira terserang ayan. Karena itu perlu adanya upaya untuk menolong diri sendiri .

dokumentasi-pribadi-pusing-6055e1e8d541df1f233a1ae2.jpg
dokumentasi-pribadi-pusing-6055e1e8d541df1f233a1ae2.jpg
dokumentasi pribadi

Caranya Sangat Sederhana Tapi Terbukti Ampuh

Saya belajar dari istri saya,karena sewaktu saya sehabis mengalami stress dan depressi,tidak ada hari tanpa pusing. Bisa di tempat tidur,sedang mandi,sedang makan ataupun sedang berbelanja .Sudah  ke dokter,tensi normal ,jantung memang mengalami aritmea,yakni irama jantung tidak teratur,dikasih resep,tapi pusing tetap berlangsung.

Setiap kali pusing,istri saya mengeluarkan tusuk gigi atau ball point.Terus ujung jari kelingking saya ditekuk dan ditusuk dengan cara memiringkan tusuk gigi atau ujung ball point,agar tidak menembus kulit, Disentakkan beberapa kali dan anehnya,hanya dalam hitungan detik,pusing saya hilang seketika..Atasi pusing  dalam hitungan detik dengan cara: memberi sentakan dengan tusuk gigi atau ujung ball point,  pada tangan kiri kita dengan melipat jari kelingking (lihat gambar) dilipat sedemikian rupa sehingga menyentuh telapak tangan .Sentak berulang ulang sehingga aliran darah menjadi lancar kembali dan pusingnya hilang

Menolong Diri Sendiri dan Orang Lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x