Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kantor Pos Terbitkan "Keypass" Setara KTP

24 Oktober 2020   18:54 Diperbarui: 24 Oktober 2020   18:59 74 25 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kantor Pos Terbitkan "Keypass" Setara KTP
Ket. foto: Keypass sebagai Kartu Identitas/dok.pribadi

Sebagai Bukti Diri yang Sah

Kantor Pos di Australia mendapatkan wewenang dari Pemerintah untuk menerbitkan "Keypass" yang fungsinya setara dengan KTP. Sebab, di seluruh Australia tidak mengenal KTP, maka selama ini yang dimanfaatkan adalah Driver License atau Surat Izin Mengemudi. Tapi karena tidak semua orang memiliki Driver License, maka sebagai bukti diri, boleh menggunakan Paspor.  Tetapi belakangan ini, untuk menghindari hilang atau rusaknya Paspor, maka pemerintah melalui Kantor Pos menerbitkan Kartu Keypass dengan biaya $. 39.95,sedangkan untuk Pemegang Kartu Consession $.29.95.

Kita tidak perlu minta Surat dari RT/RW seperti bila mengurus KTP di tanah air kita, melainkan cukup mendatangi Kantor Pos terdekat, minta formulir dan mengisi data data sesuai yang diminta dan kemudian diambil foto kita. Selanjutkan urusan Petugas Pos untuk mengirimkan ke kantor Pusatnya di Melbourne. Dan lebih kurang seminggu kemudian, kartu Keypass sudah tiba di alamat rumah kita. Yang boleh mengajukan permintaan Keypass ini adalah penduduk yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Keypass ini berlaku selama 5 tahun.

Manfaatnya:

  1. Dapat digunakan sebagai pengganti KTP atau Driver License 
  2. Sebagai bukti bahwa pemegang kartu sudah berusia 18 tahun ke atas
  3. Tidak perlu lagi membawa paspor bila berurusan dengan bank ataupun intansi lainnya
  4. Antisipasi Agar Paspor Jangan Cepat Rusak atau Hilang

Semakin sering dibawa dalam tas, di samping kemungkinan hilang, setidaknya akan mempercepat proses penuaan fisik paspor. Dan kalau sampai rusak, urusannya tentu tidak mudah. Kalau lagi berada di Australia, bisa saja bolak-balik ke KJRI karena tidak gampang, cuma bilang, "Paspor saya hilang", terus diterbitkan gantinya. Pasti akan ada banyak pertanyaan dan tidak cukup sekali dua bolah balik ke KJRI.

Karena itu, kami memutuskan untuk ikut mengajukan permohonan guna mendapatkan Keypass tersebut. Dan selang seminggu kemudian, Keypass sudah kami terima di alamat rumah di Burns Beach.

Ket: untuk urusan perpanjangan SIM, dikirimkan via Pos/dok. pri
Ket: untuk urusan perpanjangan SIM, dikirimkan via Pos/dok. pri
Kantor Polisi Tidak Menerbitkan SIM

Berbeda dengan di Indonesia, untuk pengajuan mendapatkan SIM ,setiap pemohon harus datang ke Kantor Polisi untuk test teori. Bila lulus, akan ditentukan kapan test mengemudi. Di sini semuanya berada di tangan RMS - Road Maritime Service. Kalau dulu namanya RTA - Road Traffic Authority. Polisi hanya bertugas bila terjadi pelanggaran rambu-rambu lalu lintas atau terjadi accident, yang menyebabkan ada korban yang luka-luka. Tapi kalau hanya kendaraan yang penyok, maka diselesaikan antara yang bersangkutan karena ada asuransi yang akan menyelesaikan. Dalam hal tidak ada korban terluka, Polisi tidak ikut campur, kecuali diminta. Begitu juga untuk mendapatkan Kartu Identitas seperti Keypass, sama sekali tidak ada urusan dengan Kantor Polisi.

Seperti kata peribahasa, "lain padang, lain belalang", maka beda negeri, beda pula aturan mainnya. Setidaknya tulisan ini dapat menjadi masukan guna menambah khazanah pengetahuan bahwa Kantor Pos di Australia berhak mengeluarkan Key Pass.

(Sumber berita)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x