Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Pemerintah Australia Bantu Warga 250 Juta Rupiah

5 Juni 2020   20:49 Diperbarui: 5 Juni 2020   21:02 95 15 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemerintah Australia Bantu Warga 250 Juta Rupiah
ilustrasi : ABC.NRWS

Khusus untuk Renovasi Rumah

Pada awal kami mulai tinggal di Australia sebagai Penduduk  tetap, sesunguhnya sudah ada bantuan pemerintah,bagi warga yang untuk pertama kalinya membangun rumah sederhana,akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar $.15.000 atau setara dengan Rp.150 juta, sebagai bantuan dari pemerintah. Dengan syarat rumah yang dibangun adalah rumah sederhana.

Pengertian rumah sederhana bagi orang Australia tentu berbeda dengan yang dimaksudkan dengan rumah sederhana di Indonesia .Yang mungkin dapat dibangun dengan harga sekitar 200 juta rupiah. 

Kalau disini rumah sederhana yang biasa disebut sebagai rumah caravan minimal harganya berkisar sekitar $.250.000 atau setara dengan 2, 5 miliar rupiah Sedangkan untuk rumah yang dimaksudkan sederhana bernilai sekitar 500 ribu dolar yang kalau dikonversikan sekitar 5 miliar rupiah.

Ket.foto : contoh rumah sederhana di Australia/dokumentasi pribadi
Ket.foto : contoh rumah sederhana di Australia/dokumentasi pribadi
Rumah sederhana adalah seperti yang tampak pada gambar. Yakni rumah yang dibangun dengan dua kamar dan satu kamar mandi ,dapur dan open garage . Batasan dengan tetangga ,hanyalah dalam bentuk tanaman atau bisa jadi tanpa ada pagar. Rata rata rumah disini,tanpa pagar 

HomeBuilder 250 Juta Rupiah Bagi Setiap Renovasi Rumah

Pemerintah Australia kini menyiapkan bantuan tunai senilai $25.000 (sekitar Rp250 juta) kepada warga yang ingin merenovasi atau membangun rumah. Skema bernama HomeBuilder ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin membangun rumah baru yang nilainya tidak lebih dari $750 ribu ataupun merenovasi rumah yang sudah ada.

Syarat lainnya yaitu penghasilan tahunan tidak boleh lebih dari $125 ribu per orang, atau $200 ribu untuk pasangan.Pemerintahan Diharapkan sekurang kurangya  27.000 pemilik rumah bisa menerima bantuan ini.tentunya ada syarat administrasi yang perlu dilengkapi

Diharapkan dengan jalan mengaplikasikan bantuan lewat paket HomeBuilder ini,selain dari membantu warga untuk merenovasi rumahnya,sekaligus membuka peluang bagi para pekerja dibidang bangunan.

Di seluruh Australia menurut data, ada sebanyak 7,7 juta rumah tinggal pribadi hingga saat ini. Warga sudah bisa mengajukan permohonan bantuan ini mulai sekarang hingga 31 Desember mendatang, dengan syarat proyek harus dikerjakan dalam jangka waktu tiga bulan dari tanggal kontrak kerja.

Target pemerintah adalah warga yang berpenghasilan menengah kebawah,agar mampu merenovasi rumah mereka  Daerah perumahan dimana kami tinggal ,tidak termasuk dalam daftar penerima paket HomeBuilder ini,karena rata rata nilai rumah diatas 1 juta dolar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN