Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Corona Sukses Mengubah Tatanan Hidup Manusia

7 April 2020   12:58 Diperbarui: 7 April 2020   13:25 141 15 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona Sukses Mengubah Tatanan Hidup Manusia
ilustrasi: pixabay.com

Dari Masalah Prinsip hingga Masalah Sepele

Sebagai makluk sosial, kita semua tidak mungkin bisa hidup sendirian. Kita butuh teman, butuh orang lain dimana kita bisa berinteraksi. baik dalam pergaulan sosial, maupun dalam urusan lainnya.

Sejak diberlakukan sistem lockdown, maka orang tidak lagi bisa berinteraksi secara face tace karena rumah sekolah, kantor, shopping centre, bahkan rumah ibadah dinyatakan ditutup.

Tidak ada lagi resepsi pernikahan yang mempertemukan seluruh kerabat dan sahabat yang sudah sekian tahun tidak bertemu,dalam suatu resepsi pernikahan akbar. Pernikahan hanya boleh dihadiri oleh saksi dan pejabat yang menikahkan.

Bila ada yang meninggal, di mana biasanya seluruh kerabat dan teman-teman datang khusus memberikan penghormatan terakhir, kini sudah berakhir. Bahkan konon untuk makamnya perlu alat berat untuk menggali sedalam 8 meter. 

Saat saat akhir di mana biasanya orang yang sekarat meninggalkan pesan pesan untuk keluarga yang akan ditinggalkan, kini harus rela menutup mata seorang diri.

Acara Ulang Tahun atau Annivesarry? Jangan harapkan lagi

Ulang tahun maupun ulang tahun pernikahan cukup lewat WA atau telpon saja. Paling kalau hubungan sangat dekat bisa gunakan Video Call, seperti yang kami lakukan bila berkomunikasi dengan anak cucu, sekedar melepas rasa kangen. 

Pacaran? Boleh tapi harus jarak jauh, karena begitu jalan berpegangan tanganlangsung didenda 1000 dolar. 

Ketemu teman-teman di jalan dan dengan maksud ingin berbaik hati, mengajak teman ikut naik ke kendaraan kita, tahu tahu didenda masing-masing 1,600 dolar atau 16 juta per orang. Mau ribut sama Polisi? Bisa saja,asal siap masuk ke penjara.

Dulu, "Pulanglah Nak, kami sudah sangat merindukanmu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN