Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Minum "Obat Covid-19" Palsu, Ratusan Orang Tewas

29 Maret 2020   05:05 Diperbarui: 30 Maret 2020   14:00 3725 59 34 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Minum  "Obat Covid-19" Palsu, Ratusan Orang Tewas
ilustrasi: businessinsider.com.au 

Iran Semakin Terpuruk

Merasa bahwa pemerintah lalai dalam mengantisipasi penyebaran virus corona yang mematikan,menyebabkan masyarakat Iran telah mengambil jalan pintas,yakni minum cairan yang diyakini bisa menyembuhkan coronavirus. 

Akibatnya sekitar 480 orang tewas dan hampir 3000 orang terkapar sakit. Kini,ketika seluruh negara di dunia berjuang untuk melawan  virus corona justru ,Iran harus menghadapi dua masalah,yakni mengobati ratusan orang yang sekarat karena mengonsumsi cairan beracun dan sekaligus melawan virus corona .

Untuk jelasnya,silakan disimak kutipan dibawah ini:

Toxis coronavirus virus 'cure' kills hundreds in Iran
A false belief that toxic methanol can cure coronavirus has led to hundreds of deaths in Iran. An Iranian doctor helping the country's Health Ministry says the problem was even greater, giving a death toll of around 480 with close to 3000 people sick.The poisonings come as fake remedies spread across social media in Iran, where people remain deeply suspicious of the government after it downplayed the crisis for days before it overwhelmed the country.
"Other countries have only one problem, which is the new coronavirus pandemic. But we are fighting on two fronts here," said Dr. Hossein Hassanian, an adviser to Iran's Health Ministry. "We have to both cure the people with alcohol poisoning and also fight the coronavirus."
sumber : 7NEWS.com.au

Pemicunya Adalah Berita Hoaks

Peristiwa menyedihkan ini,masih ditambah dengan ,seorang anak matanya menjadi buta,setelah ibunya meminumkannya cairan alkohol yang diyakni sangat ampuh untuk mencegah coronavirus. 

Masih menurut sumber yang sama,pemicunya adalah berita berita hoaks yang bertebaran di berbagai media lokal,yang menyebutkan bahwa seorang guru sekolah Inggeris dan banyak orang lainnya,sembuh dari infeksi virus corona setelah mengonsumsi wiski yang dicampur dengan madu. 

Ditambah dengan :"tips tips cara ampuh atasi corona virus",yang berbahan dasar alkohol,telah menyebabkan masyarakat menciptakan keyakinan tersendiri,bahwa menegak alkohol dalam kadar yang tinggi,akan efektif membunuh virus corona yang mungkin masuk ketubuh mereka. Tetapi hasilnya,bukan virus yang terbunuh,malahan orang orang yang minum "obat anti virus corona ini"

Tetapi dalam pesan-pesan yang diteruskan berulang-ulang di media sosial Iran, akun-akun palsu menyarankan seorang guru sekolah Inggris dan yang lainnya menyembuhkan diri dari virus corona dengan wiski dan madu. 

Dicampur dengan pesan-pesan tentang penggunaan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, beberapa orang secara keliru meyakini bahwa meminum alkohol tahan-tinggi akan membunuh virus dalam tubuh mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN