Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Keterampilan Miliki "Selling Point" Melebihi Ijazah

13 Januari 2020   17:24 Diperbarui: 13 Januari 2020   17:36 164 19 13 Mohon Tunggu...
Keterampilan Miliki "Selling Point" Melebihi Ijazah
ket,foto: pekerja di pertambangan Kalgoorlie/dokumentasi pribadi

Tidak Jarang Gaji Berdasarkan Keterampilan 3 Kali Lipat Dibanding Kerja Sesuai Ijazah

Sebelum para Sarjana merasa tersinggung dengan tulisan ini,maka perlu saya jelaskan,bahwa hal ini terjadi di Australia. Mengapa? 

Bukan karena ijazah kita tidak diakui,tapi karena  dalam banyak hal prinsip dan metoda dasar yang berbeda. Hukum yang berbeda, sistem ekonomi yang dianut berbeda ,cara menanam yang berbeda  dan seterusnya. 

Sapa tahu suatu waktu berniat ke Australia,setidaknya sudah mendapatkan gambaran sekilas. Berarti selain dari mengantongi ijazah, alangkah baiknya mempersiapkan diri dengan berbagai keterampilan.

Sehingga in case of emergency ,bila ternyata apa yang diharapkan dengan mengandalkan ijazah mengalami jalan buntu,maka kita tampil dengan rencana B,yakni memanfaatkan keterampilan. 

ket,foto: yang ini bukan bekerja ,tapi lagi iseng di pertambangan ./dokumentasi pribadi
ket,foto: yang ini bukan bekerja ,tapi lagi iseng di pertambangan ./dokumentasi pribadi
Ijazah Interior Design,Tapi Kerja Di Kantor Pos

Contoh nyata adalah putri kami,yang tinggal di Wollongong , Back ground pendidikan adalah interior design dan kemudian mengikuti kursus Tax Consultant hingga tuntas dan mendapatkan sertifikat. Tapi ia memilih kerja di kantor Pos. Mengapa? " Kalau mau buka usaha Interior Design butuh modal banyak pa " kata putri kami. 

Walaupun namanya anak kami,tapi karena sudah dewasa dan ia sudah lebih dulu tinggal di Australia,dibandingkan kami,tentu jauh lebih paham,mana yang lebih baik baginya..

Maka sejak itu ,hingga kini putri kami sudah menjadi karyawan tetap di kantor Pos di kota Wollongong. Kalau di Indonesia,namanya ;'"P.N.S." Disamping gaji lumayan ,ada cuti tahunan dan kartu Medicare Card,untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis

Jadi Supir Truk Dipertambangan Kalgoorlie 

Ketika berkunjung ke pertambangan Kalgoorlie,sempat bertemu dengan Ujang (bukan nama sebenarnya) yang lagi baru turun dari truk yang dikemudikannya,Truk tersebut membawa bahan mentah untuk diolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN