Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami - Penulis buku buku National Best Seller yang diterbitkan oleh PT.Elek Media Komputindo Jakarta.Penulis buku :" Your Choice is your life "

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Ketika Orang Merasa Dirinya Sudah Tua, Maka Proses Penuaan Dimulai

12 Juni 2019   20:31 Diperbarui: 13 Juni 2019   09:21 0 47 27 Mohon Tunggu...
Ketika Orang Merasa Dirinya Sudah Tua, Maka Proses Penuaan Dimulai
foto di gunung Kunanji bersama anak mantu dan cucu/dokpri

Usia Berapa Orang Disebut Sudah Tua?
Kalau merujuk kepada contoh hidup, yakni Perdana Menteri Malaysia yang sudah berusia 94 tahun, maka batas seseorang disebut sudah tua semakin mengabur. 

Ada orang yang baru berusia 60 an tahun, jalan sudah tertatih tatih. Berbicara sudah tidak jelas dan seringkali tidak menyambung. Karena itu batasan orang disebut "Sudah tua" sesungguhnya tidak dapat hanya berpatok pada usia.

Sejujurnya, saya dan istri hingga saat ini sama sekali tidak pernah merasa diri sudah tua. Karena aktivitas yang kami lakukan sejak masih berusia 50 tahun hingga kini tidak ada yang berubah. Misalnya:

  1. bangun jam 5.00 pagi
  2. berdoa sesaat dan mandi
  3. jam 6.00- 7.00 pagi kami duduk ngopi dan sarapan 
  4. bersih bersih rumah dan kebun dan olahraga dan memasak
  5. membaca dan menulis ,tanpa kaca mata
  6. keluar rumah ,untuk berbagai keperluan pribadi dan sosial
  7. saya mengemudi didampingi istri

Secara keseluruhan tidak ada yang berubah dari gaya hidup kami, kecuali kami tidak lagi terlibat dalam urusan bisnis. Jadi sungguh kami sama sekali tidak pernah merasa diri sudah tua.

Tetangga kami yang masih muda ,mengajak kami ke Padang Pasir Pinnacles. Tanpa ada keraguan sedikit pun, kami langsung mengiyakan dan selama hampir tiga jam di padang pasir, sama sekali tidak masalah bagi kami berdua. Atau teman datang dari Brunei dan mengajak kami mendaki perbukitan, kami juga ikut tanpa kesulitan. 

Atau ke Snowy Mountain yang merupakan lokasi yang bersalju abadi juga tidak masalah bagi kami berdua. Tentu saja hal ini membuat kami selalu bersyukur dan menjaga diri agar jangan sampai lupa diri. 

Januari lalu, dokterJulius yang menerima hasil medical kami dari Shenton Medical Centre mengatakan salut bahwa di usia ke 77, rapor kesehatan kami tidak ada satupun yang merah.

dokpri
dokpri
Orang Mulai Menua Ketika Berpikir Bahwa Dirinya Sudah Tua
Mengapa orang mulai menua, ketika ia merasa dirinya sudah tua, padahal usianya relatif masih muda? Karena apa yang diyakini oleh seseorang, maka hal tersebut akan terjadi atas dirinya. Karena alam bawah sadar atau subconcious mind adalah kekuatan yang dahsyat dalam diri manusia.

Bilamana orang terus menerus berpikir bahwa dirinya sudah tua, maka alam bawah sadar akan mengirim perintah ke seluruh organ tubuh, agar terjadi proses penuaan dalam dirinya. Seperti tersirat dalam pesan the wisdom words, " You are what you think". Anda akan menjadi seperti apa yang Anda pikirkan.

Maka secara tanpa sadar, sejak saat orang meyakini dirinya sudah tua, maka secara bertahap, proses penuaan berlangsung dalam dirinya. Walaupun jelas, wajah mulai keriput dan rambut mulai memutih, namun daya daya hidup dalam diri, tidak ikut menua.

Penting Menjauhkan Diri dari Pikiran Negatif
Karena itu, masalah ketuaan ini sesungguhnya amat terkait dengan cara berpikir kita. Begitu juga orang yang selalu mengisi hidupnya dengan keluh kesah, maka hampir dipastikan hidupnya akan penuh dengan berbagai rintangan dan kesedihan.

Susah, sedih, kecewa dan hati yang terluka adalah bagian dari romantika hidup. Namun jangan pernah membiarkan apapun yang bersifat negatif menggerogoti hidup kita. Karena apa yang diyakini secara terus menerus tanpa disadari akan menjadi doa kita.

Tjiptadinata Effendi