Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami - Penulis buku buku National Best Seller yang diterbitkan oleh PT.Elek Media Komputindo Jakarta.Penulis buku :" Your Choice is your life "

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Anzac Day dan Mengenang Semangat Para Pahlawan

25 April 2019   08:11 Diperbarui: 25 April 2019   16:45 0 49 22 Mohon Tunggu...
Anzac Day dan Mengenang Semangat Para Pahlawan
Gambar: Dokumentasi pribadi

Karena Telah Memberikan Hidup Mereka untuk Negara dan Bangsa

Hari ini Australia dan New Zealand memperingati Anzac Day. Kata Anzac adalah singkatan dari "Australian and New Zealand Army Corps". Jadi merupakan gabungan antara pasukan Australia dan New Zealand yang pertama kalinya berperang jauh dari negeri mereka dengan mengunakan bendera sendiri. 

Dalam buku tuntunan "Becoming an Australian Citizen" dijelaskan bahwa 100 tahun lalu, tepatnya tanggal 25 April 1915, pasukan gabungan Australia dan New Zealand mendarat di Gallipoli, Peninsula, Turki pertama kalinya pada tahun 1916 oleh tentara Australia dan New Zealand di Mesir. 

Untuk memperingati mendaratnya sekitar 25.000 orang tentara Australia dan New Zealand, di Gallipoli, Peninsula, Turki pada tanggal 25 April 1915 yang tewas selama perang dunia ke I berlangsung. Akibat perang tersebut, sebanyak 8.700 orang  tewas karena pertempuran dan berbagai sebab serta penyakit.

Semangat kepahlawanan ini, baru dicetuskan sebagai Hari Libur Nasional dan dirayakan di seluruh benua Australia pada tahun 1920. Anzac Day tidak hanya dirayakan di Australia, tetapi juga di New Zealand, The Cook Islands, Niue, serta Samoa dan Tonga yang merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Memperingati Semangat Kepahlawanan walaupun Kalah

Kalau kita menyimak dengan baik, hari Anzac Day ini, Australia bukan merayakan hari kemenangan, melainkan memperingati dan menghargai semangat para pahlawan mereka yang gugur dalam pertempuran. Karena kalau kita membaca sejarah di Gallipoli, Turki justru tentara Australia dan New Zealand mengalami kekalahan dengan ditarik mundurnya tentara sekutu dari sana.

Pertempuran yang berlangsung selama hampir 8 bulan tersebut yakni dari tanggal 25 April sampai tanggal 19 Desember 1915, diakhiri dengan ditarik mundurnya pasukan sekutu. Dengan catatan 8.700 orang tentara gabungan Australia dan New Zealand tewas di tempat sementara hampir 20.000 lainnya mengalami luka-luka.

Namun jatuhnya ribuan korban pada pertempuran di Gallipoli tersebut, justru ada hikmah dan kebanggaan tersendiri bagi Australia. Walaupun kalah dalam pertempuran, tapi mereka sudah menunjukkan jati diri, bahwa mereka sudah dewasa dan mampu berperang di bawah bendera Australia. Tidak lagi selalu berada di bawah ketiak Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2