TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI profesional

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Potret Restoran Termahal di Western Australia

11 Februari 2019   19:42 Diperbarui: 11 Februari 2019   20:40 410 20 10
Potret Restoran Termahal di Western Australia
dokumentasi pribadi

Harus  Booking Minimal 2 Minggu Sebelumnya

Kalau mau mengundang teman teman makan di restoran Padang, tidak perlu pakai booking bookingan ,karena bisa langsung ke lokasi  dan mencari tempat yang kosong. Tapi kalau  kita mengundang orang dalam jumlah yang cukup banyak dan ingin menikmati suasana yang lebih santai, tanpa terganggu dan tanpa mengganggu  para tamu lainnya, maka perlu juga booking V.I.P Room. 

Karena biasanya selalu diisi oleh orang yang makan dalam rombongan,sehingga mereka dapat tempat duduk dan makan semeja. Bila duduk terpisah pisah, maka walaupun makanan yang dihidangkan persis sama, namun dapat menciptakan suasana yang kurang pas. Undangan yang kebetulan dapat tempat duduk dimeja terpisah agak jauh,akan merasa seperti dianak tirikan.

Mengundang teman teman atau sanak famili makan di restoran Padang, maka disamping yakin, bahwa semua makanan yang disediakan, bebas dari masakan yang mengandung babi ,juga kita dengan penuh percaya diri bahwa  dana dalam dompet, akan lebih dari cukup untuk membayar tagihan, bila usai santap bersama. Karena dalam pikiran kita sudah ada "angka angka" yang tidak akan jauh selisih dengan apa prakiraan kita. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Beda Tempat Beda Takaran

Tapi kebiasaan ini,tidak dapat secara serta merta, bila kita mengundang teman teman di Oriental Food Restoran, maupun di Sea Food Restoran, karena takaran yang digunakan sangat berbeda. 

Pernah saya dan istri mengajak  2 orang teman yang baru datang dari Padang,untuk makan siang di Sea Food Restoran di daerah Mangga Dua. Karena  teman datang dari Padang, masa iya disuguhi masakan Padang juga. 

Tidak banyak yang kami pesan. Selain dari satu ekor ikan Kerapu dan satu porsi kepiting,yang lainnya adalah sayur Kaylan dan pudding. Dalam kantong saya ada uang sekitar 1 juta rupiah. 

Saya  yakin banget, akan cukup untuk membayar tagihan,kami makan berempat orang. Tetapi, ketika usai makan dan tagihan disuguhkan dalam mapan kecil diatas meja,m ata saya agak melotot.

Melihat angka yang tertera di sana. Untuk  ikan Kerapu saja, harganya hampir satu juta rupiah dan satu porsi kepiting saus Padang, Rp 575.000, belum termasuk sayur, pudding dan lain lainnya. Untung ada istri saya yang bawa dompet, sehingga saya tidak samapai mempermalukan diri sendiri.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
NOBU Restaurant, Termahal di Australia Barat

Nobu Restaurant yang lokasinya berada satu bangunan dengan Hotel Crown Metropole masih terasa kental dengan suasana tahun baru Imlek. Warna merah menyala, mendominasi hampir seluruh dokorasi gedung dan ruang makan, di restoran elite ini. 

Kami datang ke sini karena diajak santap malam oleh putra kami, Irmansyah Effendi  dan keluarga,dalam rangka merayakan Imlek mengingat kami baru kembali dari Indonesia.

Ketika kami melangkah masuk,dari kejauhan sudah tampak hampir seluruh kursi terisi dengan para pengunjung yang sedang bersantap bersama keluarga. 

Hanya meja yang sudah dibooking oleh putra kami sejak bulan lalu yang masih kosong,karena memang disediakan untuk kami duduk.  Setelah menunggu beberapa saat, maka satu persatu hidangan mulai diantarkan diatas meja.

Ada ikan kerapu tanpa tulang yang dimasak dengan cara di tim dan ada daging bakar ,udang lemburi, sayuran dan buahan. Usai berdoa bersama, maka tanpa banyak basa basi, nasi dan ikan mulai masuk kedalam mulut, memang rasanya enak banget. Karena itu, awalnya, saya hanya minta nasi satu mangkuk dibagi dua dengan istri saya,a khirnya minta tambah lagi satu mangkuk,karena saking enak masakan ikan dan udangnya.  

Dalam waktu dan tempo sesingkat singkatnya, nasi dan lauk pauk sudah berpindah tempat dari piring kedalam perut. Kenyang banget rasanya, karena sudah lama, saya dan istri hanya makan sedikit,untuk menjaga agar bobot tubuh tidak mengembang kiri kanan, apalagi kedepan. Tapi ternyata masih ada lagi jatah untuk saya ,yakni satu porsi iga dan daging yang dibakar secara "well done".

Enak banget,tapi  makanan serasa sudah sampai didada, Maka saya bisik bisik kepada putra kami, apakah  boleh dibawa pulang untuk sarapan besok pagi? Karena sudah terlalu kenyang. 

Kemudian saya panggil salah satu pelayan restoran dan bertanya, apakah boleh minta box plastik kecil untuk membawa pulang  daging yang tidak habis dimakan? Ternyata, di restoran ini tidak menyediakan kotak plastik yang dimaksudkan. 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Kaget Melihat Angka Dikertas Tagihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2