Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

6 Tahun Bergabung di Kompasiana

17 Oktober 2018   20:55 Diperbarui: 17 Oktober 2018   21:18 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanpa terasa, enam tahun saya sudah bergabung di Kompasiana. Secara pribadi saya sudah merasa menjadi bagian dari Kompasiana, sehingga hampir setiap ada event Kompasianival, saya dan istri selalu menyempatkan diri untuk  kembali ke Indonesia khusus untuk dapat hadir dalam acara Kompasianival agar dapat bertemu dengan teman teman. Kecuali ada kepentingan yang tidak  dapat ditunda, sehingga menyebabkan kami tidak bisa hadir.

Motto sharing and connecting, sejak awal sudah memotivasi saya dan istri untuk mencari kesempatan Kopdar dengan teman teman di berbagai kesempatan. Antara lain di Padang, Jambi, Medan, Pekanbaru, Bali, Jakarta, Yogyakarta dan Semarang bahkan dengan Kompasianers di Perth di Wollongong dan di Italia.

Bersama Kompasianers di Perth/ dok.pribadi
Bersama Kompasianers di Perth/ dok.pribadi

Berbagi Pengalaman 

Sejak bergabung di Kompasiana, saya baru memahami,bahwa ternyata menulis naskah buku berbeda dengan menuis di Kompasiana. Karena kalau menulis naskah buku, kita hanya menulis hingga selesai dan menyerahkan naskah ke Penerbit, Selanjutnya urusan tata letak gambar adalah menjadi urusan dari Editor. 

Tapi menulis di Kompasiana, harus mencari gambar pendukung yang tepat, kemudian mengedit ukurannya agar sesuai dengan ketentuan Adimin, yakni dibawah 2 MB. Kemudian menempatkan sumber gambar yang digunakan agar tidak dihapus oleh Admin. 

Untuk dapat melengkapi tulisan saya dengan gambar pendukung dibutuhkan waktu lebih dari satu bulan, Bahkan pernah saya datangi kantor Kompasiana di Palmerah dengan menenteng Laptop untuk belajar dengan Mas Isjet pada waktu itu.

6 Tahun 3.761 Artikel

Selama enam tahun di Kompasiana, menurut data terdapat 3.761 Artikel kalau dihitung 6 X 365 hari = 2.190 hari, maka tekad saya untuk menulis one day one artikel sudah terpenuhi. Walaupun dari segi mutu tulisan sejujurnya, saya masih harus belajar lebih giat untuk meningkatkannya.

kalau dbandingkan dengan tulisan saya yang mendapatkan tempat di Headline, hanya segelintir saja,yakni cuma 15 persen dari total jumlah artikel saya. HL ini membuktikan bahwa seharusnya saya tidak boleh cepat-cepat senang, karena sudah berhasil memenuhi target pribadi yakni minimal rata rata 1 artikel dalam sehari, Karena dari segi kualitas tulisan masih terpaut jauh dari teman-teman.

dok.kompasiana
dok.kompasiana
Kendala yang Dihadapi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun