TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI profesional

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup highlight headline

Masukan tentang Untung Rugi Tinggal di Apartemen dan Rumah

9 Agustus 2017   19:56 Diperbarui: 11 Agustus 2017   16:05 5964 17 15
Masukan tentang Untung Rugi Tinggal di Apartemen dan Rumah
Dokumentasi pribadi

Mungkin saya termasuk salah seorang yang paling sering gonta ganti rumah. Sewaktu masih di Kota Padang 4 kali pindah rumah. Dan di Jakarta pertama kali kami beli rumah di Bintaro Jaya di Sektor V. Kemudian beli rumah di Tiga Raksa. Dari sini karena kejauhan, pindah ke Duri Kencana Raya. Dan pada tahun 2006 tinggal di Mediterania Lagoon Apartement yang kemudian karena kami cuma dua orang maka apartemen yang luasnya 100 meter persegi ini dijual. Kami pindah ke Mediterania Boulevard Apartement yang lokasinya hanya berseberangan jalan di Kemayoran.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Untung Ruginya Tinggal di Rumah Mandiri

Untungnya adalah, tanah dan rumah adalah hak milik kita. Bebas menggunakan pekarangan kita. Mau bikin kandang ayam atau mau memelihara burung tidak bakalan ada yang protes. Anak anak bebas keluar masuk tanpa hambatan. Tidak ada yang namanya uang kebersihan dan "maintenance fee". Mau bersihkan rumah baguslah. Tapi kalau senang rumahnya brantakan ya juga nggak masalah.

Di pekarangan rumah bisa bercocok tanam. Mau main sepak bola atau main apapun selama tidak memecahkan kaca jendela rumah tetangga juga tidak masalah. Bila kelak sudah terkumpul uang dan ingin melakukan renovasi rumahnya entah dijadikan bertingkat maupun diperlebar, tinggal minta IMB dan sudah bisa membangun.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Yang Tidak Enaknya

Mau libur sekeluarga keluar kota atau mudik? Nah harus ada yang jaga rumah kalau tidak mau rumahnya di obrak abrik oleh maling. Dan kalau sudah dekat perayaan 17 Agustusan maka bersiap siaplah menerima kunjungan tamu bertubi tubi untuk minta sumbangan guna mengadakan acara di RT/RW.

Setiap saat pintu pagar bisa diketok oleh tamu yang tidak dikenal untuk minta sumbangan mau bangun ini dan itu. Entah benar ataupun tidak yang pasti kalau ditolak akan mendapatkan sambutan yang tidak mengenakan.

Pulang tengah malam dan hujan lebat mau atau tidak mau harus membuka pintu pagar sendiri. Kecuali ada pembantu dan belum tidur. Kalau hujan lebat maka bersiap siaplah untuk menerima kedatangan banjir. Baik yang datang dengan sukarela,maupun yang konon dikirim dari tempat lain.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kalau Memilih Membeli Apartemen

Keuntungannya adalah keamanan 24 jam. Kebersihan ada yang bertugas. Dijamin tidak kena banjir, apalagi kami yang tinggal di lantai 27. Dari teras bisa duduk santai menikmati pemandangan kota yang indah. Mau makan malas turun? No problem at all. Tinggal telpon dan dalam waktu 10 menit, makanan sudah diantarkan ke apartemen. Kedatangan tamu mendadak? Tidak usah kuatir. Karena dari ruang tamu kita dapat menengok lewat televisi kita siapa yang datang. Kalau enggan menerima maka tinggal bilang sekuriti "saya tidak kenal".

Hujan lebat dan pulang malam hari? Tidak masalah, pintu gerbang tempat parkir terbuka 24 jam. Bosan duduk di rumah dan mau berenang? Tinggal naik lift dan turun ke lantai bawah. Nggak usah bawa handuk, karena disediakan di sana.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kolam Renang Bersih dan Apik

Ada kolam renang yang cukup besar dan selalu terjaga kebersihannya. Ada juga kolam renang untuk anak anak. Di pinggir kolam ada pohon Palma yang senggaja ditanam untuk menambah keindahan kolam. Sehabis berolah raga renang dan merasa dingin tidak usah kuatir. Kita hanya perlu keluar kolam renang dan beralih ke kolam renang di sampingnya, di mana ada air hangat. 

Kolam air hangat ini bukan kolam yang hanya diisi air hangat tetapi ada air yang bergerak cepat sehingga tubuh kita seperti dipijat. Nama "kolam pijat" ini adalah "whirpool".

Hmm luar biasa baru tahu ada kolam pijat di dalam kolam air hangat sungguh nikmat rasanya dipijat oleh air yang dipompa oleh mesin yang khusus di desain untuk keperluan ini. Saya bahkan belum pernah merasakan seperti ini di luar negeri termasuk ketika kami menginap di hotel bintang.

Bila sudah merasa puas berendam air hangat dan sekaligus mendapatkan pijat air kita tinggal keluar kolam. Di atas meja sudah disediakan handuk ukuran extra large yang cukup besar untuk membungkus seluruh tubuh kita agar tidak kedinginan.

Nah,selanjutnya kita bisa memilih masih ada sauna yaitu mandi uap yang tidak perlu diragukan karena sudah dipisahkan bagi pria dan wanita. Bila kita merasa haus atau lapar tidak usah repot. Karena hanya keluar pintu kolam renang di sana sudah menunggu mini market. Yang sekaligus menyediakan aneka minuman hangat dan dingin. Di sini juga disediakan ATM, sehingga penghuni tidak perlu melangkah keluar apartemen.

Sarana Olah Raga Lainnya

Di lantai 1 ada fasilitas olah raga: tennis meja dan fitness. Yang semuanya boleh digunakan oleh penghuni apartemen tanpa membayar uang iuran apapun. Karena sudah termasuk fasilitas untuk penghuni apartemen.

Untuk anak anak di lantai 1 sudah disediakan tempat bermain anak anak. Dan sementara anak anak bermain orang tua atau si mbak bisa duduk santai di gazebo yang nyaman sambil berkirim sms ataupun menikmati secangkir kopi hangat.

Masuk ke apartemen serasa kita jadi pejabat. Karena sekuriti yang begitu ketat. Pertama setiap penghuni mobilnya ditempeli stiker. Kemudian diberikan kartu akses untuk keluar masuk ke parkiran. Di pintu gerbang sebelum melalui gate boom, dua orang sekuriti sudah melangkah menyambut sambil mengambil sikap sempurna "Siap" dan dengan tegap memberi hormat. Serasa menyaingi jenderal rasanya.

Kemudian menscan kartu akses dan "tag" boom gate terbuka dan mobil meluncur menuju ke tempat parkiran. Begitu sampai sudah menunggu seorang sekuriti lainnya yang membantu untuk kita parkir. Pintu mobil dibuka dan kembali hormat gaya militer menyambut kita. Untuk orang yang gila hormat mungkin sangat senang atau merasa tersanjung dengan hormat gaya ini mungkin bisa membayangkan dirinya Jenderal bintang 5 tapi bagi saya pribadi jujur saja saya risih.

Maka saya bisik bisik "Maaf ya mas khusus untuk saya cukup ucapkan selamat pagi atau selamat malam saja tidak usah pakai hormat gaya militer ya mas." Hmm untung si mas tidak tersinggung malah jadi akrab dengan saya. Saya sering ngobrol dengan sekuriti yang jumlahnya 61 (enam puluh satu) orang dan bagian cleaning service ada 37 orang. Akibatnya semuanya mengenal saya dengan baik.

Dilantai Dasar Ada Food Court

Di seberang jalan apartemen, berjejeran beragam jenis makanan dan minuman. Dimulai dari yang harganya 10 ribu satu porsi hingga 5 atau 6 kali lipat. Ada masakan Padang, Jawa, Sunda, Makasar dan ada juga Chinese food. Untuk Chinese food tidak perlu kuatir karena pemiliknya seorang haji asal Medan. Jadi jelas semuanya halal.

Ada ikan bakar, udang bakar dan kepiting saus padang dan tentunya segala jenis minuman dari yang dingin dingin, hingga minuman hangat seperti capucinno atau kopi luwak. Juga ada kelapa muda yang harganya 5 ribu rupiah. Kalau kami memilih masakan padang dan menjadi langganan Adjo dari Pariaman.

Yang Tidak Enaknya

Penghuni tidak boleh membawa masuk ataupun keluar barang barang seperti TV, perabotan rumah tangga, sebelum ada ijin tertulis dan dikawal oleh sekuriti. Dan yang terakhir tapi tidak kurang pentingnya bila terjadi pemadaman listrik atau lift mengalami kerusakan maka penghuni harus sabar atau turun tangga secara manual.

Ada biaya maintenance fee -lumayan setahun, termasuk telpon, air dan listrik sekitar 40 juta untuk ukuran apartemen 100 meter persegi. Kalau untuk ukuran apartemen yang kami tempati belakangan ini ukurangnya 40 meter persegi. Maintenance fee nya "cuma" sekitar 15 juta rupiah. Lumayan kan?

Di dalam hidup ini ada enak dan ada yang tidak enaknya. Ibarat sekeping mata uang selalu memiliki dua sisi. Dan bila kita mau memiliki mata uang tersebut, kita tidak bisa memilih mengambil satu sisi saja. Melainkan mengambil kedua duanya.

Nah, ketika berenang di kolam indah. Mandi di kolam pijat dan menikmati mandi uap atau sauna rasanya enak benar. Yang tidak enaknya adalah giiran harus membayar maintenance fee nya. Paparan di atas tentunya hanya garis besar suka duka tinggal di apartemen, tetapi setidaknya dapat memberikan gambaran bagi yang mungkin punya impian ingin memiliki apartemen. 

Kalau sering kali berpergian, maka apartemen mungkin merupakan pilihan tepat. Tapi bagi keluarga besar lebih cocok beli rumah mandiri. Ini cuma saran saja, karena yang berhak memutuskan tentu yang punya uangnya.


Tjiptadinata Effendi