Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Teman Saya Tertangkap Operasi Tangkap Tangan di Australia

2 Maret 2017   19:23 Diperbarui: 3 Maret 2017   13:07 2334 34 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teman Saya Tertangkap Operasi Tangkap Tangan di Australia
Sumber ilustrasi: shropshirestar.com

Teman saya tertanggap Operasi Tangkap Tangan (OTT), mancing tanpa izin sehingga harus membayar denda sebesar 200 dolar atau 2 juta rupiah.

Sudah diingatkan, bahwa di sini mancing harus ada license/lisensi. Tapi teman saya Syahrul (bukan nama sebenarnya), yang kebetulan sama-sama tinggal di Kemayoran, mengajak saya mancing. Apalagi sejak sebulan lalu, kami sudah pindah ke daerah yang sangat dekat dengan laut. Ketika saya tanyakan apakah punya lisensi, eee malah diketawain, " Halaah...mancing saja koq pakai izin segala? Kita mancing tidak pakai boat, cuma hobbi doang," kata Pak Syahrul.

"Maaf, kalau begitu saya tidak ikut Pak. Karena nanti saya ikut disalahkan, karena sudah penduduk Australia, ngajak teman mancing tanpa license," jawab saya serius.

"Ya deh, kalau gitu saya perginya sama tetangga, orang kita juga (maksudnya sama sama orang asal Indonesia). Ya iyalah, mana pula ada hak saya untuk melarang. Tugas saya sebagai teman, sudah saya lakukan, yakni memberi tahu, bahwa d isini semua pakai lisensi. Bukan hanya nyetir kendaraan, tapi juga ngamen dan mancing. Tapi karena dianggap, mungkin saya cuma bercanda, maka Syahrul pergi sama tetangganya, sesama asal Indonesia.

Baru sore ini, saya ditelepon, "Benar Pak Tjip, hari ini saya terbeli satu ekor ikan, sebesar telapak tangan seharga 200 dolar. Karena tertangkap tangan ketika lagi mancing. Syukur teman saya lagi ke toilet, sehingga nggak kena."

Yaa mau apa lagi, nasi sudah terlanjur hangus, maka teman saya terpaksa makan ikan senilai 2 juta rupiah seekor!

Fishing License ,resmi dikeluarkan Pemerintah negara bagian Australia,atas nama Tjiptadinata Effendi-/dokumentasi pribadi
Fishing License ,resmi dikeluarkan Pemerintah negara bagian Australia,atas nama Tjiptadinata Effendi-/dokumentasi pribadi
Daftar nama ikan dan jenisnya ,serta ukuran yang dibolehkan untuk dipancing/foto dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi
Daftar nama ikan dan jenisnya ,serta ukuran yang dibolehkan untuk dipancing/foto dokumentasi pribadi tjiptadinata effendi
Nah, di atas adalah daftar nama ikan serta ukurannya dan aturannya, mana yang boleh dipancing dan mana yang dilarang. Kalau kurang dari ukurannya, harus dikembalikan ke laut. Begitu juga dengan kepiting, harus ada alat ukurnya, jadi jangan bayangkan seperti di negeri kita, pergi ke pasar, beli nilon dan mata kail, dan sepotong bambu, sudah bisa mancing, Di sini banyak aturan yang harus ditaati.
  • Punya lisensi,
  • Bawa alat ukur ikan atau kepiting,
  • Harus tahu jenis ikan yang boleh dan tidak boleh dipancing,
  • Kepiting betina tidak boleh ditangkap,
  • Kalau tertangkap, ternyata termasuk jenis yang dilarang, maka lepaskan kembali ke laut,
  • Jangan pikir, pura pura bodoh karena akibatnya akan didenda,
  • Hanya yang punya lisensi yang boleh mancing,
  • Jangan coba-coba kasih ke anak atau istri, kalau tidak punya lisensi.

Di Sini Semua Harus Ada Izin
Bukan hanya mengendarai kendaraan bermotor, ngamen dan mancing juga harus ada izin. Banyak orang yang menganggap bahwa orang ngamen harus ada izin, seakan sebuah lelucon. Padahal di sini tidak ada yang dibuat lawakan atau lelucon, karena memang sudah menjadi peraturan.

Denda di Tempat
Tertangkap tangan mancing tanpa izin atau walaupun sudah ada izin, tapi lupa membawanya, tetap saja akan didenda 200 dolar.

Untuk jelasnya saya kutip di sini:

A $200 on the spot fine applies for fishing without a current licence and a penalty of $75 applies for licence holders failing to immediately produce their licence or receipt on request by a Fisheries Officer.
There are no exceptions – produce a current licence on the spot, or you are likely to receive a fine.
Fishing licences have been in place for more than a decade and the requirement to carry a licence or receipt has applied for over a year.
Fishers must also comply with a range of rules and regulations, including size and bag limits, gear restrictions and areas closed to fishing.
” www.dpi.nsw.gov.au

Kalau tidak mau bayar gimana?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x