Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Seperti Inilah Uang Kertas Indonesia 60 Tahun Lalu

7 September 2016   12:19 Diperbarui: 7 September 2016   13:26 828 41 26 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti Inilah Uang Kertas Indonesia 60 Tahun Lalu
salah satu uang kertas Rp.500 buatan tahun 1952 /harganya berkisar antara 1 - 2 juta, tergantung kondisi dan keunikan latar belakangnya. koleksi pribadi Tjiptadinata Effendi

Gambaran Sekilas Uang kertas Indonesia 60 Tahun Lalu

Setiap orang memiliki hobi. Ada hobi yang positif dan ada hobi yang negatif. Hobi negatif tentu tidak perlu dibahas di sini karena semua orang sudah memahaminya. Ada hobi unik seperti mengumpulkan plat nomor mobil dari berbagai negara, mengumpulkan aneka ragam boneka, koleksi pena dan daftar ini bisa diperpanjang lagi.

Dokpri
Dokpri
Ada hobi koleksi papan dan bidak catur, perangko bekas, kartu telpon, koin, uang kertas, pisau dan banyak lagi yang tidak mungkin disebutkan satu persatu di sini. 

Saya pernah koleksi perangko namun sewaktu hidup kami sedang parah-parahnya, saya jual. Hasil penjualannya cukup  untuk membayar kontrak rumah selama 3 tahun dan membeli berbagai keperluan untuk membuka usaha di kedai. 

Pada waktu itu sungguh sangat terasa, bahwa hobi yang semula hanya untuk refreshing dan hilangkan stress, mengumpulkan perangko bekas dari berbagai sumber, termasuk jadi pemulung ditong sampah berbagai kantor ternyata dapat menjadi “malaikat penolong” sewaktu kami sangat membutuhkan uang.

Dokpri
Dokpri
Koleksi pisau sudah saya lakukan sejak tahun 1980 dan sudah berhasil mengoleksi aneka ragam pisau pisau antik dari 5 benua. Pernah ditawar senilai harga sebuah mobil baru, namun saya tidak menjualnya. Karena koleksi itu hanya sekali dapat saya lakukan seumur hidup. Rencananya kelak akan saya wariskan kepada salah satu cucu kami yang berminat.

uang kertas Rp.100 /koleksi pribadi
uang kertas Rp.100 /koleksi pribadi
Uang Kertas Indonesia 60 Tahun Lalu

Dalam hal koleksi uang, jujur saya tidak begitu serius hanya sekadar iseng-iseng saja. Ada ratusan uang koin yang sudah terkumpul dari belasan negera, tapi belum tertata rapi. Sedangkan uang keras baru berjumlah lebih dari seratus lembar saja. Sebagian besar, saya simpan di Australia. Karena dulu pernah beberapa album uang hancur pada waktu banjir.

uang-dan-lift-m-57cfa234be22bd654843eb9e.jpg
uang-dan-lift-m-57cfa234be22bd654843eb9e.jpg
Kemarin saya baca di sebuah majalah, ternyata satu lembar uang kertas Indonesia senilai 500 rupiah buatan tahun 1957 sudah bernilai antara 1 juta rupiah sampai 2 juta rupiah. Sebagai orang yang berlatar belakang bisnis, maka otak saya langsung mengalikan, 100 X Rp.1.5 juta = Rp.150.000.000.—(seratus lima puluh juta rupiah)

Untuk menjadi seorang kolektor yang baik, tentu banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari. Tapi sebagai kolektor amatiran setidaknya mengetahui istilah-istilah sederhana bila berminat mengoleksi uang ataupun setidaknya untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.

Untuk referensi cukup searching di Google ada banyak penjelasan rinci tentang tata cara mengoleksi uang lama atau uang kuno.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x