Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Langkah Efektif Agar Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

7 Juli 2014   04:55 Diperbarui: 18 Juni 2015   07:12 0 21 22 Mohon Tunggu...
Langkah Efektif Agar Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur
1404658361219626769

[caption id="attachment_332297" align="aligncenter" width="331" caption="Tidur nyenyak penting untuk pemulihan phisik dan mental"][/caption]

Tidur Nyenyak adalah Obat Alami Terbaik Untuk Pemulihan Phisik dan Mental

Tidur nyenyak adalah obat alami terbaik untuk pemuihan phisik dan mental. Karena dalam kondisi tidur nyenyak, adalah waktu terbaik terjadi terapi secara alami dan otomatis bagi tubuh dan mental kita. Sebaliknya orang yang kurang tidur atau kualitas tidurnya tidak baik, maka secara bertahap tapi pasti ,akan mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan, seperti : sakit kepala. Pusing, rasa sempoyongan ,letih lesu dan secara kejiwaan dapat menjadi pemicu terjadinya stress dan emosional.

Mengenai hal ini, boleh dikatakan hampir setiap orang sudah pernah membaca atau mengetahuinya. Namun banyak yang tidak tahu kiat kiatnya, bagaimana agar kita dapat menjaga agar kualitas tidur kita stabil dan dapat tidur nyenyak,tanpa dibantu dengan obat obatan apapun.

Tidur nyenyak ,disamping memberikan kita kesehatan dan kebugaran , sekaligus menghambat terjadinya proses penuaan dini pada diri kita

Langkah langkah untuk dapat tidur nyenyak ,sesungguhnya tidak sulit, asalkan kita disiplin diri.

01, Aturlah jadwal tidur ,agar sedapat mungkin , tidur secara teratur. Maksudnya jangan sampai ,misalnya hari ini tidur jam 8.00 malam, terus keesokan harinya jam 12.00 malam .Sedangkan lusanya jam 9.00 malam. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab, kita tidak bisa menikmati tidur nyenyak. Jadi upayakan agar pada jam yang kira kira sama.

02. Makan malam diatur sebaiknya jangan terlalu malam dan jangan pula terlalu sore. Misalnya setiap jam 7.00 malam

03.Kalau ada kegiatan aktivitas phisik, agar diatur jangan sampai terlalu dekat dengan jam tidur.

04.Hindarilah minum kopi ataupun minuman yang mengandung cafein, pada malam hari. Karena akan menjadi faktor penghalang anda bisa tidur nyenyak.

05.Hindarilah memikirkan masalah masalah yang membutuhkan perhatian khusus ,karena tanpa sadar, akan terbawa dalam alam bawa sadar

06. Aturlah agar cahaya dikamar tidak menyilaukan.Upayakan agar cahaya seminum mungkin.

07.JauhkanTv ,radio danbenda benda eletronik ,yang menimbulkan segala macam bunyi bunyian dari kamar tidur.

08.Lakukanlah rilaksasi dengancara tidur menelentang dengan santai. Kedua belah tangan direntangkan dengan lembut dikedua sisi tubuh . Upayakanlah serileks mungkin . Pejamkanlah mata dan berdoalah sesaat sebelum tertidur. Rilaksasi ini dinamakan juga :”sleeping meditation”. Sangat sederhana ,namun memberikan efek positif dan menunjang keberhasilan kita ,mendapatkan tidur yang berkualitas.

Langkah langkah ini sangat sederhana, namun sudah dipraktekkan oleh ribuan orang dan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Berbagai keluhan gangguan kesehatan yang selama bertahun tahun tak kunjung sembuh, walaupun sudah berobat kemana mana,seperti: imsomnia. Sakit kepala berkepanjangan. Bangun pagi sempoyongan, tensi darah yang tidak stabil.mudah stress dan cemas, sering gugup dan telapak tangan berkeringat, ternyata dengan tidur nyenyak secara bertahap semua gangguan kesehatan ini hilang lenyap.

Pengalaman Pribadi:

Saya dan istri sudah mempraktekkan cara sederhana ini sejak 16 tahun lalu. Dan dari cara sangat sederhana dan kelihatan sangat sepele ini,ternyata gangguan imsonia yang saya alami bertahun tahun, hilang total , Begitu juga dengan gangguan rytme jantung (arithmea) juga sembuh. Tensi darah menjadi stabil dan selama 16 tahun kami jarang sekali harus berurusan dengan dokter, kecuali  menambal gigi yang berlubang.  Tidur dengan kualitas yang baik ,juga memberikan kita penampilan yang prima dan senantiasa segar bugar. Padahal usia kami sudah 71 tahun.namun kami bisa mengikuti semua aktivitas yang selama ini kami jalani, seperti olah raga renang dan bowling.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Perth, 06 Juni. 2014

Tjiptadinata Effendi

(Penulis buku: Meditasi Jalan Untuk Meningkatkan Hidup Anda).