Mohon tunggu...
Tjan Sie Tek
Tjan Sie Tek Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengusaha, Konsultan, Penerjemah Tersumpah

CEO, Center for New Indonesia; Sworn Translator, member The Indonesian Translators Association (Ind. HPI)

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pengalamanku untuk Berhenti Merokok secara Total

5 Januari 2018   07:43 Diperbarui: 5 Januari 2018   08:53 4040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: www.dinimon.com

Tahun depan adalah Ultah ke-20 saya berhenti merokok.

Keluarga saya adalah perokok. Saya perokok kretek berat selama hampir 22 tahun dan berhenti total merokok tahun 1999; jadi sekitar 19 tahun lalu. Sejak itu sd sekarang saya tidak pernah merokok lagi dan tanpa pernah sekali pun ada niat merokok lagi.

Ada tiga tahap yang saya jalani untuk total berhenti merokok.

PERSIAPAN

Kesadaran untuk berhenti merokok

Sekitar awal 1999 saya tanya diri saya: apa untungnya merokok selama ini?

Jawaban: Rasanya tidak ada sedikit pun! Saya juga tidak bertambah pintar ataupun kaya!

Saya tanya lagi: Apa ruginya merokok selama ini?

Jawaban: banyak sekali!!!:

  • Bau: keringat bau asap rokok, kamar tidur juga, rambut juga dll;
  • Kerugian kesehatan: jarang berasa bugar. Kata banyak orang paru-paru terancam sakit.
  • Kerugian materi: baju dan celana panjang sering bolong kena sundut rokok; harga rokok semakin tinggi; kantong terancam kering!!!
  • Dll, dll.

Sesudah itu, saya menakut-nakuti diri saya terus tentang bahaya merokok. Lalu, saya datangi orang yang perokok dan sudah sakit paru-paru. Saya ikut dia ke dokter spesialis. Dokter itu tunjukkan kepada kami foto-foto sinar X paru-paru yang sakit. Menyeramkan!!!

Selama hampir 6 bulan, saya membaca artikel-artikel di koran dan majalah tentang bahaya merokok untuk menjadikan diri saya lebih takut merokok dan semakin mantap untuk berhenti merokok. Saya pelajari juga bagaimana perasaan dan mental orang-orang lain yang sudah pernah mencoba berhenti merokok tapi gagal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun