Mohon tunggu...
Tiyas Mukhasanah
Tiyas Mukhasanah Mohon Tunggu... Tadris Ips 2 - IAIN JEMBER

Semangat Belajar

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme dan Tokoh-tokohnya

23 Mei 2020   18:49 Diperbarui: 23 Mei 2020   18:46 12 0 0 Mohon Tunggu...

1. Pengertian Filsafat Rekonstrusionisme

Filsafat rekonstruksionisme merupakan aliran filsafat yang dipengaruhi oleh ide-ide pragmatisme dan praktisme. Aliran ini mempercayai bahwa selalu berubah-ubah dan mereka memandang kalau itu adalah sebagai konsekuensinya. Sekolah menurut mereka adalah sebagai lembaga sosial tempat untuk mengembangkan daya kristis peserta didik.

2. Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme

a. Caroline Part, Ia mengungkapkan bahwa ide-ide tentang sesuatu akan dapat memberikan kesempatan pada anak-anak untuk mewakili dunia mereka sendiri.

b. George Counts, menurutnya pendidikan secara historis digunakan untuk memperkenalkan masyarakat terhadap budaya sendiri dan sosial budaya yang telah diubah oleh desain teknologi dan industri. Menurut Grorge Counts pendidikan harus memandang perubahan yang radikal dari perubahan tersebut dan menghilangkan status kuno. Dalam hal ini sekolah berpusat pada masyarakat secara keseluruhan dan kesukaan.

c. Paul Freire, berpendapat bahwa dalam pendidikan mengandalkan kaum yang tertindas karena agar mereka memiliki kesadaran yang kritis. Metode pendidikan yang digunakan Freire yaitu metode dialog yang mana dalam proses dialog ini melibatkan  2 orang untuk mengamati dunia dan seorang pendidik mempunyai tugas seperti mengajukan pertanyaan dan menghadapkan siswa pada dunia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x