Mohon tunggu...
Tiya setya
Tiya setya Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kejahatan di Media Massa

14 April 2019   09:31 Diperbarui: 14 April 2019   09:45 0 1 0 Mohon Tunggu...

Kejahatan dimedia Massa (Facebook)
Dalam era yang sangat modern ini tentunya kita tidak bisa memungkiri lagi bahwasanya teknologi telah maju dan berkembang dengan sangat cepat. 

Seperti dengan datangnya berbagai macam alat komunikasi salah satunya adalah Handphone. Handphone sendiri telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur yang tentunya sangat menarik untuk dimiliki. Salah satunya yaitu fitur Facebook.

Facebook adalah salah satu aplikasi yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara online yang disambungkan dengan Internet. Penggunaannya sangat mudah, sehingga dapat digunakan oleh anak-anak yang berumur 8 tahun sampai tuapun bisa menggunakannya. 

Didalam Facebook sendiri kita bisa mengirim pesan kepada siapapun, dan bisa melihat ataupun mengetahui keadaan yang diluar jangkauan kita. Dari kelebihan-kelebihannya tersebut, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sangat memungkinkan untuk digunakan diluar semestinya seperti penipuan. 

Penipuannya sendiri bisa berupa penjualan online, perkenalan dengan orang lain yang bisa mengakibatkan penculikan, dan sebagainya. 

Kasus-kasus tersebut bisa saja terjadi dengan mudah dan kapan saja. Kasus tersebut berawal dari perkenalan, kemudian berlanjut janjian dan pada akhirnya bertemu di suatu tempat yang pada akhirnya terjadilah suatu hal seperti penipuan penipuan seperti ini sudah banyak terjadi dikalangan media massa, tidak hanya orang yang dewasa saja yang bisa terkena, tetapi juga bisa anak-anak yang masih dibawah umur.

Tanggapan kiita sebagai mahasiswa Institut Agama Islam Negeri yang notabnya adalah Perguruan Tinggi Agama, adalah bergaul itu penting, mempunyai banyak teman tentunya sangat menyenangkan, kita bisa bercerita, bermain, belajar bersama, ataupun sebagainya. 

Tetapi kita harus bisa menjaga diri kita sendiri, kemudian juga peran orang tua sangatlah penting, karena selain berada dilingkungan sekolah, anak lebih suka bermain handphone didalam kamar. Kemudian pergaulan teman-temannya dilingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah harus bisa memilah-milah agar tidak terjerumus ataupun kecanduan bermain handphone secara berlama-lama dan berkelanjutan. 

Kemudian harus bisa membatasi diri kita dalam penggunaan handphone. karena kalau bukan diri kita sendiri yang harus bisa menjaganya , kita tidak bisa mengandalkan orang lain. Kita sebagai mahasiswa tentunya tidak bisa menghindari alat komunikasi handphone . 

Handphone sendiri memberikan begitu kemudahan bagi kalangan mahasiswa seperti, membantu dalam mengerjakan soal-soal perkuliahan, kemudian juga membantu kita untuk mencari tau hal-hal yang belum diketahui, kemudian juga membantu kita dalam berkomunikasi dengan keluarga, teman, sahabat, dan masih banyak lagi. 

Dari manfaat tersebut kita bisa menyibukkan diri kita dengan menggunakan sebaiknya mungkin. Hindari diri kita dari hal-hal tersebut. Agar kita tidak terjerumus didalamnya. Pastikan kita mengerjakan sikap yang positif dan berguna bagi orang lain.