Mohon tunggu...
Tiyarman Gulo
Tiyarman Gulo Mohon Tunggu... Full Time Blogger - SEO Specialist

Menulis adalah jalan cuanku!

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tingkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Kreatif Melalui Digitalisasi

15 Juni 2024   17:00 Diperbarui: 15 Juni 2024   17:02 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tingkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Kreatif Melalui Digitalisasi | travbuck.com

Pada era digital saat ini, transformasi teknologi telah merambah berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam ranah ekonomi kreatif. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia telah mengambil langkah proaktif untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Tujuannya jelas: meningkatkan produktivitas, ekspansi pasar, dan keuntungan finansial bagi para pelaku usaha di sektor ini.

Mengapa Digitalisasi Penting bagi Ekonomi Kreatif?

Digitalisasi bukan hanya tentang adopsi teknologi untuk teknologi itu sendiri, tetapi merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing dan relevansi produk di pasar global yang semakin terhubung. Di Indonesia, Garut di Jawa Barat menjadi salah satu contoh bagaimana upaya digitalisasi dapat memberi dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, terutama dalam sektor kriya, fesyen, kuliner, dan film.

Upaya Kemenparekraf dalam Mendorong Digitalisasi

Kemenparekraf telah aktif menyelenggarakan berbagai program dan acara yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital para pelaku ekonomi kreatif. Salah satu kegiatan utama adalah akselerasi transformasi digital yang diadakan di Garut. Acara ini tidak hanya memberikan pelatihan dasar, tetapi juga mengembangkan kemampuan pelaku usaha untuk memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk mereka.

Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Riwud Mujirahayu, menekankan bahwa digitalisasi dapat memberikan kemudahan signifikan dalam pemasaran produk, terutama mengingat perubahan perilaku konsumen yang semakin mengarah ke belanja online. Ini berarti para pelaku usaha perlu tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga aktif beradaptasi dengan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Dukungan dari Pemerintah dan Legislatif

Dukungan penuh terhadap upaya digitalisasi juga datang dari pihak legislatif, seperti yang disuarakan oleh Anggota Komisi X DPR, Ferdiansyah. Menurutnya, penting bagi pemerintah pusat dan daerah untuk bersama-sama memfasilitasi pelatihan dan pengembangan kemampuan digital bagi para pelaku ekonomi kreatif. Hal ini tidak hanya mencakup pemahaman teknologi, tetapi juga strategi pemasaran yang efektif di ranah online.

Potensi Ekonomi Kreatif Garut dalam Era Digital

Garut memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri kreatifnya secara digital. Dari kriya tradisional hingga industri fesyen yang unik, serta kuliner yang khas, semua dapat ditingkatkan daya jualnya melalui kehadiran online. Akselerasi digital di sini tidak hanya tentang meningkatkan penjualan lokal, tetapi juga membuka akses pasar global yang lebih luas bagi produk-produk kreatif Garut.

Kolaborasi dan Integrasi dalam Digitalisasi

Pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak juga ditekankan dalam akselerasi digital ini. Tidak hanya antara pemerintah dan pelaku usaha, tetapi juga melibatkan akademisi, komunitas lokal, media, dan platform digital. Kolaborasi ini tidak hanya memperluas jangkauan produk, tetapi juga memastikan bahwa inisiatif digitalisasi ini berkelanjutan dan dapat memberi manfaat jangka panjang bagi ekosistem ekonomi kreatif Garut.

Tantangan dan Peluang di Era Digital

Meskipun digitalisasi menawarkan banyak peluang, tidak terlepas dari tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah perluasan infrastruktur digital yang merata di seluruh wilayah Garut, serta pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan bagi para pelaku usaha. Namun, dengan komitmen yang kuat dari semua pihak terlibat, tantangan ini dapat diatasi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi kreatif yang inklusif dan berkelanjutan.

Kesimpulan

Digitalisasi merupakan tonggak penting dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan ekonomi kreatif di Garut, Jawa Barat. Langkah-langkah yang diambil oleh Kemenparekraf dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan legislatif, menunjukkan komitmen untuk mewujudkan visi ini. Dengan terus mengembangkan kemampuan digital dan kolaborasi lintas sektor, Garut tidak hanya dapat mengoptimalkan potensi lokalnya, tetapi juga menjadi contoh sukses dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital ini.

Dengan demikian, digitalisasi bukan hanya sekadar alat tambahan, tetapi merupakan fondasi yang kuat untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi ekonomi kreatif Indonesia, khususnya di Garut.(*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun