Tivanny C
Tivanny C

Nothing ever lasts forever

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keindahan Taman Bunga Nusantara, Taman Istana di Indonesia

7 Juni 2018   01:10 Diperbarui: 7 Juni 2018   01:52 1183 2 0
Keindahan Taman Bunga Nusantara, Taman Istana di Indonesia
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

"Wah... Indah sekali pemandangan ini!" kataku kepada temanku sambil  menelusuri setapak-setapak aspal yang dikelilingi oleh rerumputan hijau  berbalut dengan bunga-bunga beragam jenis. Tempat ini bernama Taman  Bunga Nusantara, taman ini cukup membuat pikiranku menjadi jernih dan  mata segar. "Pemandangannya juga bagus sekali," balasnya.

Taman Bunga Nusantara. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Taman Bunga Nusantara. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Sabtu lalu, untuk menghilangi penatnya kemacetan di Jakarta kami  berkunjung ke Taman Bunga Nusantara yang berlokasi di Jalan Mariawati  km. 7, Cianjur, dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor.  Perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Jakarta. Memang  perjalanan tersebut tergolong cukup lama, namun apa yang kami dapat  sungguh-sungguh sebanding dan memuaskan.

Salah satu air mancur di Taman Bunga Nusantara. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Salah satu air mancur di Taman Bunga Nusantara. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Dalam Taman Bunga Nusantara, kami dapat menikmati indahnya pemandangan taman bunga. Mulai dari Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Rahasia (maze/labirynth), Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Jepang, Taman Air, hingga rumah kaca juga ada disini.  Ada pun taman bermain kanak-kanak yang tidak berani kami kunjungi, karena mengingat usia yang sudah kepala dua ini.

"Benar-benar nggak nyangka ya, ternyata di Puncak ada taman seindah ini. Cocok deh buat kamu foto-foto," kata temanku kepadaku. Aku hanya senyum-senyum dan asyik mengambil foto taman tersebut.

Luasnya taman ini~ (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Luasnya taman ini~ (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Bagi saya, Taman Bunga Nusantara ini patut diberi julukan Taman Istana,  karena berisi kurang lebih 2.000 jenis bunga dengan luas 35 hektar.  Sungguh luas sekali, tidak? Jalan di taman seluas 35 hektar, tentunya  akan sangat melelahkan. Oleh karena itu, Taman Bunga Nusantara  menyediakan kendaraan sejenis kereta mini bernama "Garden Tram" bagi pengunjung untuk menikmati indahnya taman tersebut.

Bunga Teratai. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Bunga Teratai. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Taman Bunga Nusantara awal mula berdiri pada tahun 1992 oleh Ibu Suhardani Bustanil Arifin, kemudian resmi disahkan pada tahun 1995. Pada waktu itu, para kumpulan masyarakat pencinta bunga mencoba menggelorakan kembali kekayaan flora khususnya bunga dan tanaman hias ke dalam bentuk objek wisata agro yang kini dinamakan Taman Bunga Nusantara.

Cameron Lavender di Malaysia. Hayoo.. Bagusan mana dengan Taman Bunga Nusantara? (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Cameron Lavender di Malaysia. Hayoo.. Bagusan mana dengan Taman Bunga Nusantara? (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Tahun lalu, saya sempat berkunjung ke Cameron Lavender, Ipoh,  Malaysia. Cameron Lavender juga merupakan taman-taman yang berisikan  bunga khusus bunga lavender dan pepohonan rindang. Tempatnya sejuk,  karena terletak di pegunungan. Pemandangannya juga indah sekali. Namun,  saya tidak menyangka kalau ternyata di Indonesia juga terdapat taman  bunga yang jauh lebih cantik daripada Cameron Lavender. Saya jadi merasa  sayang tidak ke sini lebih awal.

Kembali ke Taman  Bunga Nusantara, taman yang telah berusia 20-an tahun ini, selain  menyediakan taman main kanak-kanak, juga menyediakan lokasi untuk  pasangan yang ingin melakukan foto pre-wedding. Ya, tempat  tersebut memang cocok untuk berfoto-foto. Saya yang sembarangan foto  saja mendapatkan hasil foto yang cukup bagus dan jernih. Bagi sahabat  yang ingin berkunjung ke sini, saya sarankan untuk memakai pakaian yang  cocok dengan latar belakang tanaman, supaya hasil fotonya bisa waw wow  waw kayak fairy tale.

 

Taman Labyrinth. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Taman Labyrinth. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Nah, dari sekian banyak jenis taman yang ada dalam sini, bagi saya yang paling berkesan adalah taman labirynth. Sambil menelusuri jalan untuk keluar dari taman yang penuh dengan  kebingungan, saya mendapat arahan dari teman yang berada di Menara  Pandang. Dari Menara Pandang, kita dapat menikmati keindahan taman  tersebut serta mengetahui jalan keluarnya. Jadi, tidak usah takut  tersesat jika ada yang mengarahkan dari Menara Pandang. Selain itu, juga  dapat membeli peta dari taman ini jika tidak ada yang mengarahkan.  Tapi, untungnya saya ada teman yang seperti tukang parkir, "Kiri..kiri..Kalau lurus mentok" teriaknya.

Ditengah Taman Labyrinth. (Sumber Dokumentasi Pribadi)
Ditengah Taman Labyrinth. (Sumber Dokumentasi Pribadi)
Jika saya mengatakan taman tersebut paling berkesan tentu ada  keistimewaannya di dalam. Jadi, ketika kita sampai ke tengah taman  tersebut kita mendapatkan tempat duduk dipenuhi dengan tanaman  berkarakter binatang, seperti bebek, angsa, gajah yang cukup gemesin.  Selain itu, juga ada tempat foto dengan berlatarbelakang love. Waduh, saya jadi bucin nih hehe.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Seindah apapun tempat ini, saya tetap merasa tempat ini tidak banyak  diketahui oleh orang Indonesia sendiri, karena pengunjungnya tergolong  sedikit. Tidak seramai tempat-tempat rekreasi lainnya. Padahal dengan  membayar tiket seharga 50.000 rupiah, kita sudah dapat menikmati  keindahan alam taman bunga layaknya taman istana di Indonesia.

Nah.  taman secantik dan seindah ini, sungguh patut saya berikan julukan  taman istana di Indonesia dan dikunjungi, setujukah sahabat? Jika  setuju, segera kunjungi Taman Bunga Nusantara yang buka setiap hari  senin sampai jumat pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00  WIB. Untuk hari  sabtu, minggu dan libur nasional buka setiap pukul  08.00 WIB sampai  dengan 17.30 Wib.