Mohon tunggu...
Tito Tri  Kadafi
Tito Tri Kadafi Mohon Tunggu... Guru - Pendiri Bastra ID (@bastra.id)

Bukan anak gembala, tetapi selalu riang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Dualitas Teater Virtual: Antara Jiwa dan Keterjangkauan

7 Desember 2020   13:35 Diperbarui: 7 Desember 2020   13:38 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Indonesia Kaya/Pementasan Teater Monolog Srintil

Pementasan teater konvensional turut mengubah arah ke pertunjukan virtual sebagai dampak dari pandemi. Identitas teater sebagai pertunjukan langsung agaknya goyah, namun keterjangkauan terhadap seni dapat semakin luas. 

Pandemi telah melanda bumi 2020, paling tidak hampir setahun lamanya. Perubahan yang berarti datang dari berbagai lini, baik ekonomi, sosial, pendidikan, hingga budaya.

Keadaan ini juga turut mengubah pola pekerjaan tatap muka menjadi serba daring, termasuk dalam penyelenggaraan teater. Jika biasanya para penonton memenuhi bangku studio, kali ini tim produksi harus berpikir keras merumuskan pementasan yang tidak menghilangkan unsur teater, tidak juga menyalahi aturan di tengah wabah, dan teater virtual jadi pilihannya.   

Sejak September, Galeri Indonesia Kaya melalui kanal YouTube-nya berupaya menyelenggarakan teater virtual, dengan tajuk Nonton Teater di Rumah Aja. Salah satu pertunjukan yang digelar ialah pentas Srintil: Tembang Duka Seorang Ronggeng, sebuah teater monolog yang diadaptasi oleh ArtSwara Production dari novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. 

Pentas musikal ini digelar selama dua hari, dengan konsep live streaming berbasis video yang telah direkam. Tayangan ini ditonton lebih dari 400 orang di kanal penyedia. Kemudian, timbul pertanyaan apakah esensi teater tetap sampai kepada penikmat?

Nano Riantiarno, seorang dramawan pendiri Teater Koma berpendapat dalam Kitab Teater bahwa terdapat tiga kekuatan, yang melatarbelakangi hingga seseorang dapat menyebutnya "sebuah peristiwa teater", yakni pekerja teater (seniman), tempat (ruang terbuka atau tertutup), dan komunitas penikmat (penonton). Kekuatan ini saling bersinergi dalam sebuah peristiwa teater. 

Umumnya, makna pementasan selain dinikmati dari laga para pemain di atas panggung, dekorasi dan suasana aktual pementasan juga berpengaruh. Penonton akan dapat melihat detail, hingga memainkan pengetahuan semiotik, untuk membaca tanda-tanda dari berbagai sisi panggung, yang mendukung dalam memahami pesan pementasan. 

Selanjutnya, pada teater konvensional, tempat pementasan juga tak jarang seperti ruang jelajah imaji bagi penonton, terasa sebuah sekat suasana antara ruang pementasan dan saat berada di luar. Itulah mengapa di bangku penonton, banyak bahagia berubah tangis di pementasan tragedi, pun ada luka berubah tawa di teater komedi.      

Kehadiran teater sebagai sebuah karya seni juga masih belum dapat dinikmati secara menyeluruh atau inklusif. Penyelenggaraan teater yang memakan biaya banyak, tidak dapat dipungkiri diproduksi oleh mereka yang berkemungkinan menjadikan seni teater sebagai sebuah profesi. 

Kebutuhan penjualan tiket, hingga harapan agar banyak penonton yang hadir, selain sebagai kekuatan pentas, juga menjadi acuan pemenuhan hidup yang layak bagi para pekerja seni. Dulu, hanya mereka yang mampu membeli tiket, yang dapat menikmat (dan tahu) tentang sebuah jalannya pertunjukan.

Mari sejenak beralih ke pertunjukan teater virtual, sebuah gagasan baru setelah sekian lama menjalankan produksi teater konvensional. Jiwa teater tampaknya tidak sekental dalam produksi pada umumnya. 

Penonton duduk di hadapan layar, sedang pemain berada di panggung yang jauh dengannya; atau bisa juga sedang harap-harap cemas, agar rekaman teaternya dapat tayang dengan lancar. Agaknya ada kekuatan yang hilang, akibat tidak adanya pertemuan langsung. 

Dalam sebuah rekaman, penonton hanya memungkinkan menikmati satu sisi yang sedang direkam, berbeda jika dalam pertunjukan langsung, di mana mata dapat berakomodasi lebih luas melihat ruang, bahkan lebih sensitif hingga penglihatan ke detail kecil dibanding dengan lensa kamera.

Kedua, kehadiran teater virtual bisa juga menggoyahkan identitasnya sebagai pertunjukan langsung. Mengalihwahanakan teater ke dalam sebuah rekaman akan beririsan dengan identitas film, yang umum ditayangkan demikian. Tanpa bermaksud mengusulkan perubahan, hilangnya nilai berikut bisa saja menjadi sebuah sejarah terciptanya istilah baru, 'film teater' barang kali.

Mari lihat kembali pertunjukan Srintil yang telah disinggung di muka. Pementasan ini secara murni dibiayai oleh Indonesia Kaya, dengan proses produksi selama tiga bulan. 

Maera, produser eksekutif pementasan Srintil menyatakan bahwa "pekerjaan ini adalah kegiatan yang manusianya perlu lebih banyak pakai hati, ketimbang memikirkan materi", tuturnya dalam Diskusi Keroyokan Tonton Teater yang diadakan oleh Bastra ID. 

Tanpa bermaksud menjadikan tulisan ini sebagai konten promosi, meski biaya yang diberikan terbatas, respons Indonesia Kaya terhadap pelestarian pertunjukan teater patut diapresiasi. 

Menyajikan tontonan teater secara gratis, walau hanya virtual, adalah langkah untuk mendekatkan seni ini tidak hanya pada gedung pementasan, namun memahami esensi teater itu sendiri, sekaligus dapat mengenalkan karya sastra Indonesia baru kepada generasi muda. Selain itu, rekaman teater ini pula menjadi dokumentasi yang dapat dijangkau lebih banyak orang, untuk mengakses sebuah pertunjukan.

Kehadiran konsep teater virtual seyogianya menjadi respons terhadap keadaan. Utamanya untuk menjaga eksistensi seni di muka publik, sekaligus memanfaatkan peluang wahana yang tersedia. Dua dimensi ini adalah refleksi yang patut didiskusikan lebih lanjut.

Namun, menjustifikasi ketidakbenaran pada salah satunya hanya akan meriuhkan kondisi dunia seni sebagai suatu entitas yang mewadahi profesi, sejarah, hingga refleksi masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun