Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Jurnalis - Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Memilih Bekerja hingga Begadang, Perhatikan "Utang Tidur" dan Ritme Sirkadianmu

25 Oktober 2021   08:25 Diperbarui: 25 Oktober 2021   13:21 223 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi bekerja begadang. Sumber : Sleep Foundation

Bagi pekerja kekinian, terkadang pekerjaan datang melebihi jam kantor pada umumnya. Adanya deadline pekerjaan, membuat kita harus mengerjakan hingga larut malam.

Gak jarang harus rela mengerjakan tugas tersebut hingga begadang dan tidak tidur satu malam. Demi tugas tersebut selesai dengan hasil maksimal nan memuaskan.

Ada pula pekerjaan yang menuntut kita harus siap bekerja shift malam, karena kantor tempat kita bekerja buka selama 24 jam 7 hari. Karena kondisi tersebut, mau gak mau kita harus begadang ketika kena giliran shift malam.

Akhirnya kita kurang tidur semalam atau kurang tidur beberapa jam. Nah itulah yang disebut sebagai "utang tidur" alias Sleep Debt.

Jika kegiatan ini sudah menjadi habit alias kebiasaan, akan mengubah sesuatu yang alami pada tubuh kita.

Ketika malam, tubuh kita otomatis merasa ingin istirahat. Ketika terang, tubuh kita otomatis bangun dan beraktifitas. Hal tersebut di atas yang disebut sebagai Ritme Sirkadian.

Sekadar diketahui, tidur adalah bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Tidur yang cukup menawarkan banyak manfaat, seperti merasa lebih berenergi di siang hari, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu otak dalam memproses dan menyimpan informasi baru.

Sehingga, kurang tidur membuat banyak masalah yang timbul. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan terkait "hutang tidur" dan ritme sirkadian bagi kamu para pekerja shift yang sering begadang.

Utang Tidur alias Sleep Debt

Menurut laman Sleep Foundation, 'utang tidur' juga biasa disebut defisit tidur merupakan perbedaan antara jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang dan jumlah yang sebenarnya mereka dapatkan.

Misalnya saja, jika tubuhmu memerlukan waktu delapan jam tidur per malam, namun kamu hanya tidur enam jam, maka kamu memiliki utang tidur selama dua jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan