Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan Kedua di Masa Pandemi, Sekarang Momen Pas Ajak Si Kecil Mengenal Segala Amalan Ibadah!

14 April 2021   18:33 Diperbarui: 14 April 2021   18:34 377 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Kedua di Masa Pandemi, Sekarang Momen Pas Ajak Si Kecil Mengenal Segala Amalan Ibadah!
Ilustrasi. Sumber : The Asian Parent

Bulan ramadan 2021 menjadi bulan ramadan kedua di masa pandemi. Tentu, pengalaman di ramadan tahun lalu menjadi pembelajaran bagi para orang tua termasuk saya. Belajar dari tahun kemarin, saya tahun ini berencana mengenalkan si kecil tentang segala amalan yang bisa dilakukan sejak dini.

Bagi saya, ramadan tahun kemarin saya tidak memiliki cukup banyak waktu di rumah. Namun, belajar dari tahun kemarin, saya akan memanfaatkan waktu sebisa mungkin untuk bersama keluarga karena ingin ajak si kecil mengenal berbagai macam amalan ibadah.

Kenapa ini momen yang pas untuk mengenalkan si kecil untuk mengenal berbagai macam amalan ibadah di bulan Ramadan, karena kedekatan orang tua dan anak di masa pandemi tentu lebih dekat.

Tentu saja begitu, karena orang tua masih sering berada di rumah mengingat banyaknya larangan ke luar kota maupun masih adanya aturan Work From Home. Apalagi ini bulan Ramadan kedua, tentu harusnya kedekatan antar anggota keluarga semakin erat.

Dengan banyaknya waktu di rumah, orang tua semakin punya banyak cara ajarkan si kecil banyak hal, salah satunya ya tentu saja beribadah di bulan Ramadan. Tidak perlu sesuatu yang berat, kamu bisa ajarkan si kecil untuk beribadah dengan sesuatu yang sederhana.

Mungkin saja tahun kemarin belum sempat ajarkan hal ini kepada anak, inilah saat yang tepat untuk ajarkan anak anda hal ini. Jangan lagi ditunda, kapan lagi punya waktu untuk ajarkan anak.

1. Mengenalkan apa itu puasa dan kenapa harus puasa

Tidak harus menyuruh si anak berpuasa, apalagi anak saya masih balita. Namun di usia golden age, segala bentuk ajaran ataupun informasi yang diserap tentu akan menjadi ilmu yang berarti bagi si kecil, apalagi jika dilakukan secara disiplin.

Cara sederhana yang paling mudah adalah berbuka puasa bersama. Siapa sih yang gak suka makan bersama, apalagi si kecil ketika melihat makanan yang banyak atau makanan favoritnya.

Nah saat makan bersama satu keluarga ini (ayah, ibu dan anak), si kecil bisa dikenalkan jika makan harus berdoa terlebih dahulu. Termasuk doa berbuka puasa. Perlahan-lahan juga diberitahu, jika saat ini merupakan waktunya berpuasa dan kenapa puasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN