Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Jurnalis - Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama FEATURED

4 Kiat Hadapi Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini

20 Maret 2021   12:30 Diperbarui: 25 Juli 2021   06:41 920 20 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Kiat Hadapi Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini
Ilustrasi anak kecanduan gadget. Sumber : Tribunnews

Kecanduan gadget pada anak sebenarnya tidak hanya terjadi ketika masa pandemi saja, ini hanya tergantung pola asuh orangtua saja. 

Saya juga pernah mengalaminya, anak saya mengalami kecanduan gadget bahkan pernah sampai tantrum.

Biasanya, kalau sudah nangis, orangtua jadi tidak tega. Seringnya si anak akan lapor ke kakek neneknya atau ke anggota keluarga yang lain. 

Biasanya si anak akan mendekati anggota keluarga yang sering perbolehkan mereka dalam menggunakan gadget.

Kalau sudah begini, seringnya orangtua serba repot dan salah. Saya sering alami itu, sebelum saya nikah, saya lihat sepupu saya juga alami hal serupa. 

Waktu itu, saya merasa bisa didik anak tanpa gadget. Nyatanya, itu hanya sekadar ekspektasi, realita berkata lain. Selalu ada saja lingkungan sekitar kita yang membuat anak menjadi kecanduan gadget. Mulai dari sepupu, orangtua, mertua, dan sebagainya.

Akhirnya, anak sudah tidak bisa lepas dari gadget. Bahkan beberapa kali lupa waktu ketika menonton YouTube atau bermain gadget, ujung-ujungnya nangis jika diminta berhenti.

Lalu, sebaiknya apa yang harus kita lakukan? Saya punya tips dan trik yang bisa dilakukan. Sejauh ini, cara saya berhasil untuk anak saya yang berumur 3 tahun.

1. Sepakati dulu bersama pasangan
Ini yang harus pertama dilakukan. Jangan sampai hanya kamu yang menganggap kecanduan gadget itu penting, sedangkan pasanganmu tidak peduli efek dan dampaknya pada anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x