Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Jurnalis - Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Akun Sosial Media di Pemerintahan Jangan Sekadar Punya!

4 Februari 2021   16:46 Diperbarui: 5 Februari 2021   11:31 950
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Era sekarang banyak jenis sosial media. Sumber foto : econsultancy

Di era sekarang banyak informasi tersebar melalui media sosial. Kecepatan informasi di sosial media ini, bisa mengalahkan sebuah kalimat old school "Jangan keras - keras, tembok bisa bicara". 

Apa yang terjadi di Aceh bisa langsung terdengar di Papua, apa yang ramai di Jakarta, bisa membuat ramai satu negara. Bahkan portal berita sering menjadikan apa yang ramai diperbincangkan oleh netijen dijadikan berita. Karena hal itulah, kehadiran sosial media bisa membunuh banyak media konvensional lainnya.

Keramaian sosial media ini, akhirnya dimanfaatkan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk menggunakan sosial media. Tapi apakah media sosial yang digunakan sudah efektif atau belum? Lalu apa yang menjadi tanda akun media sosial pemerintah tersebut sudah efektif atau belum?

Bagi pemerintahan yang ingin memanfaatkan dan memiliki media sosial apakah cukup hanya sekedar posting kegiatan? Lalu bagaimana seharusnya  memperlakukan media sosial tersebut?

Nah... Saya akan berbagi ilmu sedikit, berdasarkan pengalaman lebih dari 4 tahun memegang akun sosial media di salah satu pemerintahan. 

Dari empat tahun memegang akun sosial media pemerintahan ini, sekitar 5 penghargaan tingkat nasional sudah saya dapatkan. Semua penghargaan itu saya raih dari berbagai lembaga yang mengadakan penilaian terhadap media komunikasi pemerintah. 

Sebagai catatan, penghargaan itu bukan penghargaan pribadi melainkan atas nama lembaga pemerintahan. Sebagai Social Media Specialist, saya berkontribusi menjadikan sosial media milik akun pemerintah tersebut dikenal publik, pesan tersampaikan dengan baik, serta bagaimana menjadikan sosial media tersebut sebagai sarana yang efektif!

Tentu pula, penghargaan ini bukan hal yang harus dikejar tapi bagaimana media sosial anda hadir dan bermanfaat untuk warga pemerintahan anda. Jika anda memegang akun pemerintah kota, ya bermanfaat dan berguna untuk warga kota anda.

Sama pula ketika anda memegang akun pemerintah provinsi ataupun negara sekalipun. Karena prinsipnya, akun sosial media yang anda kelola harus lah bermanfaat dan bukan hanya sekedar punya.

1. PAHAMI DULU APA ITU MEDIA SOSIAL!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun