Mohon tunggu...
Titik Nur Farikhah
Titik Nur Farikhah Mohon Tunggu... Writer

Menulis adalah bekerja untuk keabadian

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Anda Praktisi Humas? Wajib Tahu Aplikasi Mobile Ini

6 Desember 2019   21:45 Diperbarui: 7 Desember 2019   06:58 103 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anda Praktisi Humas? Wajib Tahu Aplikasi Mobile Ini
Tampilan interface kinemaster

Menjadi praktisi humas setidaknya paham tentang seluk beluk dan bidang garap kehumasan. Tentunya memiliki berbagai skill untuk menunjang tugasnya akan menjadikannya lebih menikmati segala aktivitas seorang humas. Ketika profesi ini mampu dijalani ibarat sebuah hobi, akan menjadi ringan dan asyik terutama jika situasi dan kondisi memerlukannya untuk merangkap berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan.

Kreatif dan inovatif, itulah tuntutan humas di era milenial. Tidak hanya pandai secara intelektual namun lebih mengarah kepada pribadi yang kooperatif, dinamis, energik, dan memiliki semangat juang yang tinggi. Gambaran ideal figur humas milenial lekat dengan teknologi dan paham dengan berbagai informasi digital.

Salah satu aplikasi mobile yang tentunya akrab dengan dunia fotografi adalah kinemaster. Meskipun tergolong baru, namun aplikasi editing video khusus pengguna android menjadi pilihan terakhir untuk meracik dan mengemas video menjadi informatif layaknya breaking news ala televisi. Cukup menggunakan smartphone saat pengambilan video, lalu mengolahnya hingga upload ke youtube.

Tuntutan kerja humas yang tidak bisa dianggap enteng, tentunya aplikasi "Kinemaster" ini sangat layak untuk mendampingi tugas keseharian sambil melakukan editing video dimana pun dan kapan pun. Memang secara interface, kinemaster dinilai kurang menarik bahkan terkesan kaku sehingga butuh waktu untuk benar-benar mencintainya.

Tak kenal maka tak sayang, begitulah ungkapan yang pas untuk aplikasi mobile satu ini. Masuk ke fitur-fiturnya yang powerful maka segala yang nampak simple menjadi begitu indah. Bayangkan video sederhana bisa disulap menjadi video ciamik alias cantik. Memang butuh ketelatenan untuk memahami fungsi masing-masing tool. Tapi begitu paham, akan lekat di ingatan.

Penasaran? Ini dia sepuluh kelebihan aplikasi android kinemaster, keluaran Korea  yang wajib Anda tahu!
1. Foto atau video terpilih bisa dizoom atau diminimize supaya terlihat hidup dan lebih menarik;
2. Bisa memasukkan layer lebih dari dua atau sesuai kebutuhan, biasanya yang diperlukan untuk memunculkan suara dan teks kalimat;
3. Mampu menggabungkan video dengan audio baik secara sederhana maupun kompleks dengan menduplikat objek awal baik duplikat biasa maupun sebagai lapisan;
4. Memunculkan running text pada awal kalimat atau tempat-tempat lain yang memungkinkan dengan teknik tertentu;
5. Mengganti  background atau greenscreen sesuai keinginan sehingga background menjadi lebih menarik;
6. Tersedia banyak fitur-fitur hebat untuk mendownload animasi, stiker dan huruf dengan beragam pilihan;
7. Mampu mencerahkan foto atau video dari warna aslinya menjadi lebih menarik (disesuaikan keadaan);
8. Tersedia tool untuk meminimize audio (suara) yang melekat pada video kemudian mengganti audio dengan rekaman suara;
9. Menawarkan opsi sumber audio yang lebih lengkap dengan mendownload dalam aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk mengatur seberapa nyaring suara latar;
10. Seluruh media akan ditampilkan di jendela yang sama, sehingga editor lebih leluasa memilih video berdasarkan folder dan juga tersedia tiga buah folder ekstra.

Hal tersebut tentunya tidak bisa dipahami lebih lanjut hanya dengan membayangkan tanpa praktek langsung dalam aplikasi. Apalagi jika pembaca belum pernah bersentuhan dengan aplikasi ini sebelumnya. Sangat memungkinkan penulis membuka lebar untuk menerima konsultasi baik secara langsung maupun lewat kolom komentar di bawah ini untuk membantu bagaimana teknik operasional aplikasi android ini.

Referensi di atas, tentunya bisa jadi bahan pertimbangan untuk berpindah ke lain hati dan finally memutuskan aplikasi kinemaster sebagai media editing video. Tunggu apalagi? Ingin kerja cepat, tanpa ribet tentunya hanya dengan memaksimalkan fungsi smartphone AndaSelamat mencoba!

VIDEO PILIHAN