Mohon tunggu...
Titiek Septiningsih
Titiek Septiningsih Mohon Tunggu... IRT yang merangkap sebagai ASN dan mencoba mengasah kemampuan menjadi penulis

5 tahun bergabung di Sekolahalam Bontang (2003-2008). Saat ini mengabdikan diri sebagai ASN di Kota Banjarbaru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ketika Semua Pembelajaran Dilakukan Secara Daring

7 April 2020   19:51 Diperbarui: 7 April 2020   19:53 91 0 0 Mohon Tunggu...

Semenjak wabah Corona merebak di Indonesia, pengaruhnya tidak hanya terasa di bidang ekonomi namun hampir ke semua bidang, termasuk pendidikan.

Buat anak-anak yang mengikuti full day school, termasuk anak saya, pembelajaran yang dilakukan di rumah terasa sangat menyenangkan. Apalagi dapat bonus Ayah dan Ibu yang juga harus bekerja di rumah (work from home).

Tidak semua hal yang disebabkan virus Corona itu berdampak buruk, kan?

Tapi tidak sekolah bukan berarti tidak ada pembelajaran. Karena tugas yang harus dikerjakan oleh anak-anak tidak kalah banyak dengan ketika mereka sekolah. Walau mungkin hal ini tidak berlaku untuk semua sekolah.

Satu hal yang pasti, ketika semua tugas dikumpulkan secara daring, maka orangtua dan guru harus merogoh kocek lebih dalam untuk pembelian kuota internet. Belum lagi bila dilakukan pertemuan daring, misal menggunakan aplikasi Zoom seperti di tempat mengaji anak saya. 

Apapun cara yang dipilih, secara langsung atau daring keduanya tentu ada plus minusnya. Intinya, tetap pada pendampingan orangtua. Manfaatkan momen ini untuk membangun kebersamaan drngan anak-anak.

VIDEO PILIHAN