Mohon tunggu...
Karir Pilihan

Etika Penjual dan Pembeli dalam "Online Shop"

26 Juni 2018   13:30 Diperbarui: 26 Juni 2018   13:35 3257 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Etika Penjual dan Pembeli dalam "Online Shop"
(sumber: eclatantedesign.com)

Emansipasi wanita telah berkembang dengan pesatnya, saat ini sudah tidak asing lagi seorang wanita bekerja untuk menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhan hidupnya.  Ribuan terima kasih tentu saja terucap untuk pejuang kita R.A KARTINI yang telah berjuang hingga wanita bisa berkarir seperti sekarang ini.

Di zaman yang semakin canggih , wanita ada bekerja di kantor, bank, pengusaha , wiraswasta , membuka toko di pasar ,dll..berbicara soal pasar kini sudah semakin modern dimana wujudnya itu tidak terlihat tapi ada? Ajaib dong? Ohh bukann , ini sistem nya di rumah dan sudah bisa menghasilkan uang .. bagaimana ? kok bisa ? yaaaa.. sekarang sudah berkembangnya teknologi, kini sudah ada yang namanya bisnis onlie ? setiap orang bisa melakukan bisnis online ini , asalkan kita memahami etika dalam bisnis online .

Btw , kita membahas tentang etika bisnis ? apasih etika bisnis itu ? nahhh.. etika bisnis merupakan aturan- aturan yang berkaitan dengan sopan santun, tata krama dalam berbisnis. Etika dalam berbisnis ini sangat sangat dibutuhkan khususnya bisnis online , kenapa? Karena dalam bisnis online ini kita tidak saling bertemu dengan pembeli atau pelanggan, sehingga untuk meyakinkan mereka, kita harus terlebih dahulu memahami tentang etika bisnis , agar tidak ada kekecewaan yang merugikan salah satu pihak.

Apa saja sih etika dalam bisnis online ?? kita bakal bahas satu persatu etika ini.

Jujur :  Modal awal dalam melakukan bisnis adalah kita harus jujur, baik itu pekerjaan yang nantinya akan kita lakukan, barang yang akan kita jual , kualitas barang , isi web semuanya harus didasari dengan kejujuran .

Ramah  :  Inikah bisnis online gimana bisa kita ramah dengan orang tanpa bertemu ? jangan salah ,, ramah tidak hanya melalui bicara secara langsung. Menggunakan kata-kata yang baik sopan santun dalam mempromosikan produk kita , dalam membalas pesan yang ditanya kan pembeli itu juga sudah termasuk ramah

Menepati janji :  Janji ini sangat sangat harus kita perhatikan, permisalahan pemesanan barang .  jika kita berjanji berapa lama barang itu akan di proses dan di kirim, kita harus menyesuaikannya  .jangan sampai ada kekecewaan pelanggan karena tidak sesuai janji yang di berikan.Dan jangan menghilang dengan janji palsu barang akan dikirim lalu ternyata penjual malah tidak ada kabar.

Adil  :  Adil disini maksudnya harus disesuaikan kualitas barang sama harganya , jangan sampai kita menjual barang dengan harga yang mahal namun kualitas bahannya sangat tidak bagus. Karena itu akan membuat pembeli tidak akan mengulang untuk berbelanja di online shop yang dimiliki.

Peduli terhadap pelanggan :  Nah kita harus mendengar keluhan dari pelanggan, agar kekesalan mereka terhadap suatu yang kurang berkenan dihati mereka bisa terobati  salah satunya dengan meminta maaf

Tanggung jawab : Kita harus bertanggung jawab dengan web yang kita punya, harus cepat tanggap mengenai respon dari pelanggan agar kenyamanan dapat dirasakan pelanggan

Sabar  :  Kita harus sangat sabar , karena bisnis online tidak selalu ramai. Untuk itu kita harus belajar sabar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN