Mohon tunggu...
Titania Arestanto
Titania Arestanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

a writer and a reader

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kegiatan Berkebun dan Bercocok Tanam sebagai Salah Satu Upaya dalam Mengurangi Kejenuhan di Masa Pandemi

18 Agustus 2022   23:16 Diperbarui: 18 Agustus 2022   23:19 50 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Adanya peristiwa pandemi yang menimpa akibat virus Covid-19 tentu membawa dampak yang sangat signifikan pada kebiasaan dan gaya hidup bagi kehidupan sehari- hari. Salah satunya adalah adanya anjuran dari pemerintah untuk tetap tinggal di rumah atau stay at home. Hal tersebut tentunya membuat kita merasa jenuh dan stres karena semua kegiatan harus dilakukan di dalam rumah seperti sekolah, bekerja, dan kegiatan lain yang terpaksa dilakukan secara online. Namun siapa sangka bahwa kegiatan berkebun atau bercocok tanam dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi rasa stres dan jenuh di masa pandemi?

Ya, berkebun sering kali dianggap sebagai salah satu kegiatan yang ketinggalan jaman dan membosankan. Namun ternyata berkebun memiliki manfaat terutama pada kesehatan mental kita lhoo. Berkebun dapat memberikan kita rasa rileks dan bahagia karena pada saat berkebun, mata kita akan dipertontonkan oleh pemandangan yang indah seperti bunga- bungaan maupun buah- buahan yang memicu tubuh untuk melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang disebut sebagai hormon bahagia.

Tidak sampai disitu, berkebun juga sudah banyak digunakan sebagai terapi untuk menjaga kesehatan mental yang dikenal sebagai Plant Therapy yang mana terapi berkebun tersebut merupakan salah satu bentuk dari terapi aktif. Terapi ini dianggap sebagai terapi yang unik karena langsung berhubungan dengan tumbuhan dan makhluk hidup lain disekitarnya. Terapi berkebun telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan pikiran, tubuh, serta dapat mendorong semangat dan kualitas hidup orang yang menerapkannya. Maka tak heran apabila banyak orang yang tertarik melakukan berkebun pada saat pandemi hingga tak jarang pula yang menjadikan berkebun sebagai rutinitas setiap harinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan