Media

Profesi Andalan Anak Sekolah Dasar

21 September 2017   08:39 Diperbarui: 21 September 2017   09:06 690 1 0

Di dunia pendidikan tak asing lagi dari peran seorang guru. Guru merupakan salah satu profesi dalam lingkup kerja yang besar yang mempunyai peran penting dalam forum formal ataupun tidak formal. Dan diantaranya ada guru ngaji, guru sekolah, guru les, guru privat, dan lain sebagainya.

Tentunya mereka bukanlah guru yang mempunyai keahlihan yang sama tetapi mereka yang mempunyai keahlihan dan potensi yang sangat berbeda-beda. Dengan demikian guru bukanlah profesi yang tidak disukai banyak kalangan tetapi justru menjadi salah satu profesi yang sangat diidam-idamkan oleh banyak kalangan.

Contohnya saja, ketika kita duduk di bangku SD kita semua selalu menyerukan suara guru untuk memilih cita-citanya kelak nah, maka tak heran profesi ini banyak yang diperlombakan. Tetapi menjadi guru itu tidaklah mudah mereka harus pintar dan sekaligus bisa memintarkan, pintar yang berarti berkaitan dengan mutu substansi bidang ilmunya dan pintar dalam kemampuan pedagogisnya.

Guru juga tak sekedar pintar menguasai ilmu menghitung tetapi harus bisa mengajarkan kepada siswanya bagaimana menghitung yang cepat dan benar. Tak sekedar pula memanfaatkan jabatanya dengan gaji yang sudah tetap dengan bertindak semaunya bahkan berceloteh tak jelas tetapi guru harus memberikan kejelasan terhadap siswanya sesuai amanat. Karena tak sedikit yang memnginginkan profesi ini bahkan sampai saat ini profesi ini masih di perlombakan oleh mereka yang mengiginkan untuk menjadi guru.

Untuk itulah berlomba-lombalah dalam meraih pendidikan yang tinggi agar menghasilkan para pendidik bangsa yang berkualitas yang mempunyai jiwa cinta tanah air, jiwa ketuhanan, dan jiwa pancasila. tak perlu kita takut kita dari keluarga apa, dari anak siapa karena dalam meraih pendidikan kita tak membutuhkan itu , kita membutuhkan generasi bangsa yang berkualitas yang itu semua dilahirkan oleh para pendidik-pendidik bangsa yang berkualitas pula.

TITAH NOR FAHMI

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kimia

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.