Mohon tunggu...
Dedik Purwanto
Dedik Purwanto Mohon Tunggu...

belajar untuk menulis dengan baik dan benar, mudah mudahan bisa diterima dan dibenarkan, http://www.antarmuka.web.id

Selanjutnya

Tutup

Digital

9 Cara Mempromosikan Website

6 November 2012   18:29 Diperbarui: 24 Juni 2015   21:51 2931 2 7 Mohon Tunggu...

Setelah Anda bekerja keras untuk mengisi website anda dengan konten yang menarik dan original, tentunya anda ingin mengetahui seberapa besar website anda bisa bermanfaat bagi orang lain, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tujuan orang membuat web/blog selain berbagi juga untuk mendapatkan keutungan bukan? Dan keuntungan disini bisa diperoleh dengan bermacam cara, salah satu caranya adalah dari iklan.

Untuk mendatangkan iklan anda perlu traffic (Jumlah pengunjung), dan untuk mendapatkan traffic tentu saja website anda harus dikenal oleh banyak orang. Nah berikut ini adalah cara untuk menaikan traffic suatu website/blog :




  1. Melalui Web Forum
    bergabunglah dengan forum (indowebster, kaskus, indofile dll) kemudian masuklah dalam suatu kategori yang sesuai dengan konten website anda, yang perlu anda lakukan adalah mengkomentari postingan yang sekiranya menarik dan banyak peminatnya, kemudian anda bisa memasang alamat URL secara langsung atau menggunakan fasilitas link pada teks tertentu, sebagai contoh bisa dilihat pada tulisan berikut.
  2. Menggunakan Media Video.
    Buatlah Video sederhana yang isinya menerangkan web anda kemudian upload pada media video seperti YouTube, google Video, Vimeo, metacafe dll dan jangan lupa buatlah link yang menghubungkan ke web anda, dengan jalan ini akan membantu anda dalam mengumpulkan pengunjung, besar tidaknya pengunjung dari video ini tergantung kepada isi video yang anda tayangkan.

  3. Tukar Link
    Anda tidak sendirian, masih banyak sekali blogger diluar sana, sering seringlah browsing dan mengunjungi web web yang ada kaitannya dengan tema web anda, untuk kemudian mintalah kepada admin web tersebut untuk bertukar link dengan web anda, biasanya web yang baik sudah menyediakan fasilitas tukar link. Sebelum melakukan tahapan ini ada baiknya anda memperbanyak konten anda terlebih dahulu supaya web anda terkesan web yang serius.

  4. Membuat Newslater Feed, Rss Feed
    Bila website anda berisi tentang konten yang menarik dan up to date, cobalah untuk membuat sebuah Newsletter, RSS Feed, Feed Burner dan semacamnya yang memingkinkan konten anda bisa dibuka melalui media apa saja, baik itu via Handphone, Email, ataupun media lainnya.

  5. Melalui Kartu Nama
    Selain menggunakan media elektronik, media cetak juga tidak kalah pentingnya dalam mempromosikan website anda, anda bisa menyertakan alamat website Anda pada kartu nama atau brosur, yang Anda sebarkan.

  6. Mendaftarkan Web pada situs Terpercaya
    Untuk mempercepat pengindeksan web anda pada mesin pencari, maka ada baiknya URL web anda didaftarkan terlebih dahulu melalui web mesin pencari seperti google, bing, yahoo dll

  7. Menggunakan Fasilitas website PPC
    PPC atau  Pay Per Click adalah sebuah website yang tujuannya untuk mempromosikan web lainnya dengan meminta bayaran tertentu apabila website yang dipromosikannya di klik oleh orang lain. Aplikasi dari PPc ini bisa anda lihat pada mesin pencari utama seperti Yahoo, Bing dan Google dimana halaman nama dan alamat URL anda akan muncul di sisi halaman sebelah kanan selama pencarian terkait.

  8. Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial
    Koneksi adalah segalanya disamping kepercayaan, apabila anda memiliki teman yang banyak dalam situs jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook, maka hal tersebut adalah asset terbesar untuk mempromosikan web anda, dengan cara menuliskan URL web pada pesan update status, atau pada waktu mengkomentari status teman anda.

  9. Membuat Backlink
    Backlink adalah link suatu web anda yang terletak pada website lain, banyak sekali backlink gratis yang ada diluaran sana yang siap untuk mengindeks website anda, syarat dari backlink ini adalah anda harus paham betul website anda terkategori dalam bidang apa. Karena system backlink adalah pengindeksan berdasarkan kategori tertentu.


Repost dari blog saya

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x