Mohon tunggu...
Tiopan Sipahutar
Tiopan Sipahutar Mohon Tunggu... Konsultan - Ph.D Student at University of Indonesia

TIOPAN SIPAHUTAR, SKM, MKM, merupakan lulusan S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dengan peminatan Biostatistik pada tahun 2003, lulus S2 di kampus yang sama pada tahun 2011. Pernah menjadi asisten dosen di program studi FKM UI khususnya di Departemen Biostatistik dan Kependudukan. Bersama dengan dosen-dosen senior FKM UI, bergerak dalam penulisan ilmiah terutama di bidang kesehatan reproduksi. Menjadi asisten peneliti dan terlibat dalam beberapa penelitian eksperimental antara lain di Pusat Penelitian Atmajaya. Bergabung dengan Jaringan Epidemiologi Nasional sebagai asisten profesor dalam hal advokasi kesehatan reproduksi remaja dan bekerja sama dengan beberapa lembaga antara lain Ford Foundation, Departemen Kesehatan, organisasi perempuan NU, dan LSM lainnya. Pernah bergabung dengan World Vision dan Wahana Visi Indonesia sebagai staf Monitoring dan Reporting di tingkat nasional yang bergerak dalam bidang nutrisi, pendidikan dan pengembangan ekonomi masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, menjadi konsultan dalam bidang penelitian, statistik serta penulisan laporan. Saat ini sedang studi doktor dalam bidang kesehatan masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menantang Stres Ibu Rumah Tangga

20 Februari 2018   09:24 Diperbarui: 20 Februari 2018   09:30 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berhenti bekerja bagi seorang perempuan yang memiliki ambisi sejak dirinya sadar akan potensi dirinya, sering kali membuat kita jatuh ke dalam suasana yang stres. Ya iya...stres! Stres karena keadaan berbalik sebesar 180 derajat; berubah total! Awalnya sulit bagi saya mengakui ke -stres-an saya. Malu lah..nanti dituduh jadi penggurut...nanti dituduh tukang mengeluh dan lebih berat lagi nanti dituduh orang yang tidak pernah bersyukur. Berusaha sok kuat di depan orang dan terutama di depan suami....

Tetapi itu bukan saya! Saya stres terhadap perubahan itu, yes! Saya memberontak, yes! Saya tidak suka dan menolak perubahan, yes! Saya tidak nyaman dengan stres yang saya alami...karena suami dan anak saya mengalami hal yang tidak menyenangkan setiap hari. Bersyukur karena saya yakin bahwa ketidaknyamanan ini pasti datang dari Dia.

Stres yang saya alami dan bagaimana saya menyesali dan keluar dari lingkaran setan stres ini saya tuangkan dalam satu buku sederhana ini. Tiga tahun proses saya membuat buku ini dimulai dari banyak pertimbangan baik dari diri sendiri maupun sekitar. Buku ini saya  persembahkan kepada seluruh perempuan yang menyerahkan dirinya untuk kepentingan keluarga (suami dan anak)..yang mengalami stres, yang mengalami pergolakan batin yang seluruhnya tidak mudah untuk dilewati. Saya tidaklah sempurna, tetapi saya pernah melewati puncak dari stres karena saya gagal berdamai dengan diri saya sendiri dan gagal berdamai dengan sekitar saya. 

Saya berharap, perempuan Indonesia yang benar-benar menjadi ibu rumah tangga tetap bisa memakai waktunya dengan semaksimal mungkin sesuai potensi yang kita miliki...demi keluarga dan demi bangsa kita...

Salam perempuan Indonesia!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun