Pastinya kalian tau dong apa itu public relations? Ya, public relations adalah komunikasi dua arah yang bertujuan untuk mencapai opini publik sesuai dengan keinginan perusahaan atau organisasi, terciptanya kepercayaan di masyakarakat , adanya saling pengertian antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya , menumbuhkan citra positif di masyarakat. Tentunya untuk menjadi public relations yang berkualitas terdapat beberapa tips yang perlu kita ketahui. Yuk kenali dan pelajari tips-tipsnya.
1. Seorang Public Relations harus memiliki attitude yang baik karena seorang PR akan berinteraksi dengan banyak orang sehingga attitude yang baik akan sanat berpengaruh dalam penilian sikapnya.
2. Tips yang kedua kritis dalam berfikir, seorang PR harus kritis dalam berfikir serta menanggapi masalah yang ada di dalam perusahaan untuk selalu menjaga citra perusahaan. Sebelum memberikan rekomendasi ke jajaran Direksi atau manajemen, seorang PR harus mampu berpikir secara jernih terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan.Â
PR harus menganalisa dari berbagai sisi baik dari tantangan yang dihadapi, objektif, kekuatan, kelemahan untuk kemudian bisa merumuskan strategi komunikasi yang tepat. Dengan begitu PR bisa melakukan eksekusi atas strategi komunikasi yang sudah dibuat dengan baik dan tepat sasaran.Â
3. Tips yang ketiga, seorang PR harus memiliki public speaking yang baik. Maka ketika sudah memiliki hal tersebut, maka pesan yang disampaikan kepada public akan tersampaikan dengan baik.
4. Tips yang keempat, selain memiliki komunikasi verbal yang baik. Seorang Public Relations juga harus memperhatikan Komunikasi non verbal nya seperti  Seorang Public Relations  perlu menunjukkan performa yang baik dan didukung oleh bahasa tubuh yang positif. Dalam kaitan dengan hal ini terdapat beberapa tips untuk memberi kesan yang positif bagi pub;ic .
Jaga eye contact, Menurut Samovar (2014:313), mata menyatakan emosi, memonitor umpan balik, menandakan tingkat ketertarikan, memengaruhi perubahan sikap, dan berperan dalam memberikan kesan. Kontak mata dengan narasumber dan pemirsa adalah faktor penting yang membuat komunikasi berlangsung dua arah.Â
 Hal ini penting untuk menunjukkan koneksi dengan public. Adanya eye contact akan memelihara emosional antara seorang Public relations dan public yang positif. Selain kontak mata, bahasa tubuh juga harus sangat diperhatikan seperti tidak melakukan gerrakan monoton dan berulang-ulang. Gerakan ini biasanya kita lihat seperti meremas-remas tangan, menepuk punggung tangan, memasukkan tangan ke dalam saku dan lain-lain.
Nah itu beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk seroang public relations yang berkualitas yaa..
Daftar PustakaÂ
Samovar, Larry A., et al. Komunikasi Lintas Budaya. Salemba Humanika, 2014.