Mohon tunggu...
Tina Purbowianto
Tina Purbowianto Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger, Buzzer

Masalah membuat aku kuat, dan masalah jg bs membuatku selalu bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Banyak Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang

23 Juli 2021   08:14 Diperbarui: 23 Juli 2021   12:01 102 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Banyak Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang
Sumber gambar : Dokumen Pribadi

Sudah dua tahun kita mengalami pandemi yang belum selesai hingga saat ini. Dan parahnya saat ini jumlah orang yang terpapar malah bertambah banyak. Varian Delta masuk ke Indonesia yang penyebarannya sangat mudah dan cepat. Oleh sebab itulah kita selalu dianjurkan menjalankan prokes dengan baik dan disiplin dimanapun dan kapanpun.
Selain mematuhi prokes kita juga harus mengkonsumsi makanan bergizi, cukup sayur dan juga buah-buahan. Karena covid-19 ini bisa kita tangkal dengan imun tubuh yang kuat. 

Sebagai seorang ibu saya memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan keluarga. Saya harus menyiapkan semua asupan makanan sehat untuk keluarga saya. Pola hidup sehat yang paling sulit diterapkan adalah mengkonsumsi makanan sehat. Menjaga asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi merupakan hal yang sangat penting, agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. 

Agar makanan yang keluarga saya konsumsi terjamin gizinya, maka saya harus menyiapkan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna itu sendiri terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, multivitamin dan mineral.
Jauh dari sebelum pandemi saya selalu membiasakan keluarga saya mengkonsumsi buah terlebih dahulu sebelum makan utama. Karena manfaat buah ini sangat banyak sekali. Selain mengenyangkan, buah-buahan juga mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa memasukkan buah-buahan sebagai bagian dari menu makan kita setiap hari.

MANFAAT MAKAN BUAH SEBELUM MAKAN

Makan buah sebelum atau sesudah makan sebenarnya sama-sama bermanfaat. Hanya saja, makan buah sebelum makan dapat mengurangi keinginan kita untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Hal ini karena buah termasuk makanan yang mengenyangkan, dan efek kenyangnya juga dapat bertahan lama sehingga kita tidak cepat lapar. Kebiasaan makan buah sebelum makan juga bisa mencegah kita makan terlalu banyak. Dengan begitu, risiko kita untuk mengalami kenaikan berat badan akan lebih kecil. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

MANFAAT BUAH PISANG

Buah yang selalu ada dirumah saya adalah pisang. Karena pisang buah kesukaan keluarga saya, maka saya selalu membeli buah pisang untuk stok dirumah. Pisang adalah buah mengenyangkan. Teksturnya lembut sangat bagus untuk menetralisir lambung. Selain itu buah pisang memiliki manfaat konsumsi baik. Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Pisang juga mengandung Vitamin B6 dan FE (Zat Besi). Manfaat lainnya dapat membantu pencernaan, menormalkan fungsi jantung, dan menurunkan resiko kanker.

Sumber gambar : Dokumen Pribadi
Sumber gambar : Dokumen Pribadi

Selain pisang sebenarnya ada buah lain yang juga di sukai keluarga. Tetapi karena pisang sangat mudah dan praktis dikonsumsi anak-anak, membuat buah ini jadi pavorit mereka. Sambil belajar, nonton tv, main hp pun mereka bisa menikmati buah pisang. Jadi apapun kesukaan anak-anak pastinya saya sebagai ibu akan senang, dan semangat menyediakan stok buah pisang ini dirumah.

Owh ya dalam membeli buah pastikan yang sudah bersertifikat Global GAP. Lantas apa sih Global GAP itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x